(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

KEGIATAN PENGEMBANGAN PENERAPAN TEKNOLOGI PASCA PANEN TANAMAN PERTANIAN

Admin distan | 04 September 2018 | 1123 kali

Demonstrasi dengan Alat Pasca Panen Padi (Combine Harvester) ini bertujuan untuk meningkatkan efesiensi dan menekan Losess atau kehilangan hasil pada saat panen sehingga dapat meningkatkan produksi padi.


Acara berlangsung di Subak Lanyahan Pakisan, Desa Pakisan, Kecamatan Kubutambahan, tanggal 4 September 2018 yg dihadiri oleh Kelian Subak dan Anggotanya 40 orang, serta Petugas Penyuluh Pertanian se-Kecamatan kubutambahan. Demonstrasi Combine Harvester dioperasikan oleh operator pemula dari anggota Subak dan dibantu petugas dari Bidang PSP (Prasarana dan Sarana Pertanian) Kabupaten Buleleng dan dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan (Ir. Gede Suadnyana, SP. MMA) dan di dampingi oleh Kasi Pengolahan dan Pemasaran Tanaman Pangan (Madiono,SP) dan Ibu Ir. Putu Suastini, M.si Penyuluh Pertanian Madya.


Dengan memakai alat Combine Harvester, losess padi diperkirakan hanya 2,5%, dibandingkan pemanenan dengan cara manual dengan alat gebot losess bisa mencapai 21, 09%. Titik kritis kehilangan hasil terdapat pada pemotongan padi, pengumpulan dan perontokan. Tetapi dengan alat Combine Harvester kehilangan tersebut dapat diminimalkan.

 

Mang arta-TP