(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Kegiatan Pembinaan Persiapan Lomba Kelompok Tani Ternak

Admin distan | 12 September 2018 | 528 kali

 

Rabu 12 September 2018 di Desa Musi Kecamatan Gerokgak berlangsung kegiatan pembinaan dalam rangka persiapan lomba tani ternak. Kelompok yang akan mengikuti lomba pada tanggal  17 September 2018 nanti adalah Kelompok Tani Ternak (KTT) Tulus Bakti. Selain penyuluh wilbin Musi, beberapa penyuluh lainnya juga turut membantu dalam pembinaan kelompok. Pembinaan yang dilakukan terkait profil KTT Tulus Bakti baik berupa pencatatan atau administrasi kelompok serta memberikan penjelasan dan keterangan terkait aspek penilaian lomba nanti.

Dalam penilaian Kelompok Tani Ternak ada empat aspek yang akan dinilai seperti Aspek Usaha Agribisnis Hulu yang meliputi lokasi usaha, pembibitan, kesehatan ternak. Aspek Usaha Budidaya yang meliputi perkandangan, perkembangan ternak, pencegahan penyakit, kematian ternak dan penanganan limbah. Aspek Usaha Agribisnis Hilir yang meliputi pengelolaan hasil dan pemasaran hasil. Terakhir Aspek Usaha Kelembagaan meliputi kelembagaan dinamika kelompok sumber daya manusia dan perkembangan usaha.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan aspek-aspek yang ada sehingga bermanfaat bagi kehidupan petani.

 

-Komang Riska Wardani/BPP Gerokgak-