(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

KEGIATAN PEMBINAAN PENGENDALIAN JAMUR AKAR PUTIH PADA TANAMAN CENGKEH DI DESA PAKISAN KECAMATAN KUBUTAMBAHAN

Admin distan | 10 September 2018 | 230 kali

Pada hari Senin Tanggal 10 September 2018 telah dilaksanakan Pembinaan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) Cengkeh oleh Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng selama 2 (dua) hari dengan jumlah peserta 25 orang petani di Subak Abian Pucuk Sari Desa Pakisan Kecamatan Kubutambahan.

Pembinaan ini dilaksanakan di Balai Subak Abian Pucuk Sari Desa Pakisan Kecamatan Kubutambahan, yang dipandu oleh Kasi Perbenihan dan Perlindungan Perkebunan ( I Gst. A. Md. Adnyana, SP.MMA ) dan PPL Wibin Desa Pakisan.Pembinaan ini dilaksanakan di Balai Subak Abian Pucuk Sari Desa Pakisan Kecamatan Kubutambahan, yang dipandu oleh Kasi Perbenihan dan Perlindungan Perkebunan ( I Gst. A. Md. Adnyana, SP.MMA ) dan PPL Wibin Desa Pakisan.

Adapun susunan acara/materi yang disampaikan adalah :

  1. Pembukaan oleh Kasi Perbenihan dan Perlindungan Perkebunan ( I Gst. A. Md. Adnyana, SP.MMA )
  2. Pengenalan/Pengendalian Hama/Penyakit OPT oleh I Gst. A. Md. Adnyana, SP.MMARespon petani sangat positif tentang kegiatan pembinaan pengendalian OPT pada tanaman cengkeh dalam hal penanggulangan serangan hama penyakit.

Keadaan iklim terutama musim panas yang sangat ekstrem pada saat ini mengakibatkan tanaman cengkeh banyak yang layu dan mati.Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada petani cengkeh agar bisa mengerti tentang cara menanggulangi serangan hama dan penyakit yang menyerang tanaman cengkeh terutama serangan Jamur Akar Putih (JAP).


Perkebunan (Setiawan)