(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

KEGIATAN PELATIHAN PENGENDALIAN ORGANISME PENGGANGGU TANAMAN (OPT) KAKAO DI DESA SEPANG KELOD KECAMATAN BUSUNGBIU

Admin distan | 19 September 2018 | 681 kali

Kegiatan Pelatihan tersebut dilaksanakan dari tanggal 17 s/d 18 September 2018 di Balai Subak Abian Batur Sari Desa Sepang Kelod Kecamatan Busungbiu. Pelatihan ini dihadiri oleh Koordinator BPP Busungbiu, PPL dan Petugas POPT Busungbiu. Materi yang diberikan antara lain : Dinamika kelompok, Budidaya tanaman Kakao, mengenal hama/penyakit tanaman Kakao, dan praktek pengendalian hama/ penyakit tanaman Kakao di salah satu kebun anggota kelompok. Pelatihan OPT Kakao berlangsung menarik. Hal tersebut dikarenakan banyaknya permasalahan yang dialami oleh seorang petani dengan pengamatan yang ada di kebunnya.

Beberapa permasalahan yang mendominasi kebun kakao masyarakat desa Sepang Kelod antara lain : Kepik Penghisap Buah (Helopeltis spp), Kutu Putih (Pseudococcus Lilacinus), Penyakit Busuk Buah (Phytopthora Palmivora), PBK dan kurangnya pemangkasan pd tanaman kakao yang mengakibatkan kelembaban pada kebun.

Diharapkan nantinya, dari diskusi yang sudah dilakukan dapat meningkatkan semangat petani dalam melakukan kegiatan budidaya sehingga hasil yang diperoleh dapat maksimal baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Kualitas yang baik akan berpengaruh pada permintaan konsumen di pasar global sehingga nantinya hasil pertanian dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani khususnya di desa Sepang Kelod Kecamatan Busungbiu.

Setiawan (Perkebunan)