(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

KEGIATAN KAWIN SUNTIK UPSUS SIWAB

Admin distan | 22 Oktober 2018 | 398 kali

Senin, 22 Oktober 2018 telah dilaksanakan kegiatan kawin suntik upsus siwab di Desa Pemuteran oleh Pedel Hadil didampingi Dokter Hewan Sukertha. Upsus siwab bertujuan meningkatkan populasi ternak sapi dalam memenuhi kebutuhan produk ternak dalam negeri. Kegiatan ini berintegrasi untuk percepatan populasi sapi secara berkelanjutan.
Alur kerja pelayanan inseminasi buatan (IB) dan pemeriksaan kebuntingan (PKB) kegiatan upsus siwab
1. Peternak memastikan ternak sapi dalam keadaan birahi
2. Apabila ternak sudah benar-benar menunjukkan tanda birahi, pada hari itu juga menghubungi petugas ib yang bertugas dilokasi tersebut
3. Setelah ternak sapi mendapat pelayanan ib, pada hari ke 21 dilakukan pengamatan ; jika sapi masih menunjukkan gejala birahi lagi, peternak segera menghubungi perugas ib untuk dilakukan pelayanan ib ulang
4. Apabila dalam kurun waktu 3 (tiga) bulan setelah dilakukan pelayanan ib, ternak tidak menunjukkan gejala birahi, segera menghubungi perugas PKB/IB untuk dilakukan pelayanan Pemeriksaan Kebuntingan (PKB). Hal tersebut untuk memastikan ternak benar-benar sudah bunting.
5. Jika ada kelahiran ternak sapi melaporkan kepada petugas ib
6. Dalam pelayanan IB maupun PKB tidak dipungut biaya (gratis)

Terlaksananya inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik pada ternak sapi betina usia produktif diharapkan mampu meningkatkan produksi ternak sapi khususnya Kecamatan Gerokgak.


(Riska/bpp gerokgak)