(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Kegiatan GERDAL di kelompok Tani Candi Utama Desa Tegallinggah

Admin distan | 22 Oktober 2018 | 243 kali

Mangga merupakan salah satu komuditas unggulan di Bali yang sangat potensial. Tanaman mangga banyak diusahakan dan menghasilkan buah yang cukup baik pada daerah daerah yang beriklim kering seperti di kabupaten Buleleng dan karangasem. Desa tegallinggah merupakan Daerah yang sangat berpotensi untuk tanaman mangga dan sudah terkenal akan buah mangganya. Disamping itu pengendalian OPT tetap harus dilakukan.

Dengan adanya Kegiatan Gerakan Pengendalian OPT pada tanaman mangga di kelompok Tani Candi Utama Desa Tegallinggah yang dihadiri oleh PPL Wilbin desa tegallinggah, POPT, Koordinator Bpp Sukasada dalam kegiatan ini bertujuan untuk bisa mengetahui perkembangan dan populasi lalat buah yang ada dengan menggunakan prangkap Petrogrnol. dengan adanya perangkap ini petani dapat mengetahui jumlah populasi lalat buah yang ada di lahan petani di kelompok tani candi utama. Dari hasil penangkapan buah tersebut di hitung untuk mengetahui rata2 jumlah serangan yang ada dalam 1 perangkap petrogrnol kemudian nantinya akan dicek jenis lalat buah tersebut kemudian akan diinfokan selanjutnya oleh team POPT Provinsi Bali.

Dalam kegiatan Gerdal ini diharapkan petani dapat mengetahui dan tahu cara mengendalikan OPT yang ada pada tanaman mangga khususnya hama lalat buah.

 

Dewa/BPP Sukasada