(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

KAMPANYE SIBER KESADARAN, PEMAHAMAN AKAN KEAMANAN INFORMASI SIBER DAN DATA PRIBADI

Admin distan | 19 November 2018 | 328 kali

Senin, 19 Nopember 2018. Telah berlangsung Kampanye Siber yang berlangsung pada pukul 10.00 WITA bertempat di Gedung Kesenian I Gde Manik Jalan Udayana. Acara tersebut di haridiri opeh 2 orang masing-masing bidang di OPD se-Kabupaten Buleleng, Mahasiswa-mahasiswi, SMA/SMK, SMP se-Kabupaten Buleleng dan komunitas Radio Seluruh Indonesia cabang Buleleng. Acara tersebut dibuka oleh Asisten III SETDA Kabupaten Buleleng selaku perwakilan Bapak Bupati Kabupaten Buleleng.

Dalam kegiatan ini banyak dibahas tentang pengaruh media sosial serta pemanfaatannya. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari BSSN (Badan Siber Sandi Negara) yaitu Bapak
Supapri Situmorang, S.STmP., M.H. Dalam pemaparannya beliau membahas bagaimana caranya melindungi data intansi dari pelaku-pelaku yang tidak bertanggung jawab diluar sana dengan memanfaatkan teknologi (sering disebut Hacker). Adapun ancaman dari ruang siber
-external hacking 50% (media virus)
-walware 45%
-Sosial enginering 37%
-spam 36%
-inside data/leakage/thef 29%
-denial of service 25%
-mobile device thef 24%
Dalam presentasinya beliau mengatakan bahwa Perangkat kita semua mengandung insformasi yang rentan di curi pihak tidak bertanggung jawab dengan cara menyadap seperti :
*infrared Interception (menggunakan gelombang inframerah untuk menyadap)
*network Interception (memanfaatkan jaringan untuk mendapat informasi)
*Radio Interception (Menggunakan meria radio untuk menyadap)
*Malicious (menggunakan media virus)

Bagaimana mencegah prilaku hacker? Yaitu:
1. tidak menggunakan password yang default (contoh:123456, tgl lahir dsb)
2. harus sering merubah password jika menggunakan email yang sama.
3. menggunakan manajemen password.

Dalam acara ini diharapkan semua pihak atau golongan menggunakan aplikasi atau sosial media yang bersifat digital dengan bijak, serta data-data instansi yang bersifat Privasi maupun Publik. Karena segala bentuk data atau informasi yang menggunakan media digital tidak bisa di hapus karena bersifat permanen. Menggunakan medsos dengan bijak, Banyak manfaat: sebagai media belajar, semagai media berjualan, berbisnis dan sponsor.

agung/horti