(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Intensifikasi Padi Lokal Beras Merah Kabupaten Buleleng

Admin distan | 20 Desember 2013 | 621 kali

Sosialisasi Intensifikasi padi lokal beras merah oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng dilakukan hari Senin (12/3) di Balai Kelompok Tani Subak Munduk Kecamatan Banjar yang dihadiri tiga kelompok Tani yaitu Klp Tani Subak Jembong Desa Gobleg, Subak Munduk Desa Munduk danSubak Gesing Desa Gesing. Ketiga kelompok tani tersebut adalah pelaksana Intensifikasi padi lokal  beras merah cendana, tahun 2014.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng yang diwakili Kepala Bidang Produksi padi dan Palawija Gede Suadnyana memberikan arahan terkait dengan pelaksanaan dimaksud serta bantuan dana hibah berupa sarana produksi sesuai dengan alokasi dana APBD Kabupaten Buleleng tahun 2014. Selanjutnya disampaikan juga, tujuan dilakukan Intensifikasi padi  lokal beras merah adalah untuk membangkitkan serta melestarikan plasma nuftah keberadaan padi lokal spesifik lokasi di kawasan Kecamatan Banjar.  Padi lokal beras merah yang ada di kecamatan Banjar memiliki aroma yang khas dengan rasa nasi yang enak serta harum. Namun sayangnya dengan kemajuan tegnologi serta adanya padi umur genjah dengan produksi tinggi, petani dan kelompok tani yang ada dikawasan Kecamatan Banjar penanaman padi beras merah mengalami penurunan
drastis.

Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Buleleng yang ikut dalam kegiatan sosialisasi, mengajak selalu bekerjasama dalam memasarkan produk yang telah dihasilkan oleh kelompok tani atau Gapoktan, sesuai dengan tugas dan kewajiban Instansi untuk mengembangkan dan menciptakan peluang pasar untuk peningkatan penghasilan masyarakat. Setiap tahun pihak Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Buleleng melakukan promosi baik tingkat daerah maupun Nasional.

Peserta sosialisasi diikuti oleh 25 orang petani perwakilan masing-masing kelompok tani yang menanam dan mengembangkan padi lokal beras merah yang rencana tanam dilakukan mulai pertengahan Januari 2014, dan pelaksanaan panen Bulan Juni-Juli 2014.

Dalam kegiatan sosialisasi Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Banjar  mengajak masyarakat tani agar terus berpacu didalam menghadapi persaingan usaha, maupun bersaing dengan pengganggu tanaman hama maupun penyakit tanaman padi serta situasi iklim yang senantiasa berubah.

Liputan Gerbang Daerah oleh I NYOMAN SUDRANA,SP (Petugas Cyber Extension Distanak Buleleng)