(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Gerakan Pengendalian OPT Bawang Merah Desa Pejarakan

Admin distan | 20 September 2018 | 458 kali

Kamis, 20 September 2018 berlangsung kegiatan gerakan pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan) pada bawang merah di Desa Pejarakan Kelompok Tani Karya Seraya Sejati bersama BPTPH (Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura). Pada kegiatan ini petani diarahkan untuk menjadi manajer pada lahannya sendiri. Manajer yang dimaksud yaitu mampu mengelola dan memonitoring lahannya sehingga meminimalisir serangan OPT.

Mengelola lahan sebelum penanaman bawang merah dengan mengaplikasikan Trichoderma sp.  dan pupuk organik kemudian mengatur jarak tanam agar mengoptimalkan produksi bawang merah nantinya. Memonitoring lahan dengan melakukan pengamatan untuk prediksi dini serangan hama penyakit serta memanfaatkan lem perangkap untuk mengurangi serangan hama. Melestarikan musuh alami juga sangat direkomendasikan untuk mengurangi serangan hama, seperti menanam tanaman refugia pada pinggiran tanaman utama sebagai tempat inang musuh alami.

Melalui kegiatan ini diharapkan petani dapat mengimplementasikan pengelolaan hama penyakit yang ramah lingkungan secara berkelanjutan serta dapat menghasilkan produksi yang optimal.

 

(Komang Riska Wardani/BPP Gerokgak)