(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Evaluasi KTT Mekar Sari BD. Beteng DS. Pucakasari Kec Busungbiu

Admin distan | 01 Oktober 2018 | 276 kali

Pada tgl 28 Septeber 2018 Pukul 09:00 wita. Tepatnya berlokasi balai kelompok KTT Mekar Sari di Banjar Dinas Beteng Desa Pucaksari Kecamatan Busungbiu Berlangsung kegiatan Evaluasi KTT Mekar Sari yg Berdiri dan dikukuhkan tahun 2002. ‌

Aspek penilaian Evaluasi baik dalam segi Administrasi pembukuan , Ekonomi Hulu sampai dengan Hilir yg dibina secara berjangka dari Dinas Pertanian Kecamatan maupun Kabupaten , Hal yg Di evaluasi paling mendasar mengenai pentingnya fileing atau pembukuan secara tertulis mengenai data Anggota, Keuangan , inventarisasi, populasi ternak dan juga rencana kerja Hulu - Hilir yg tertata secara Berkelanjutan.‌

KTT mekar sari secara garis ketinggian berada pada 700 M diatas permukaan laut. Dimana posisi ini sangat cocok untuk Hewan Ternak Seperti kambing, pada saat ini KTT Mekar Sari mempunyai data real ternak kambing sebanyak 105 ekor yg berada pada kandang milik kelompok dan sebagian tersebar di kandang-kandang milik anggota kelompok.

‌Selain potensi ternak, KTT Mekar sari juga mengembangkan prospek pembibitan kopi (Robusta) yg dikelola oleh seluruh anggota kelompok dan dimanfaatkan jg oleh kelompok tersebut.

‌Dari aspek pemasaran Hewan ternak (kambing). KTT Mekar Sari selalu bekerjasama dengan pengelola pasar malam/pasar pedaging dimana posisi harga jual cukup stabil dan juga selalu berkomunikasi dg anggota kelompok lain jika ada yg mau menjual hasil ternakannya agar harga yg didapat sama, tidak ada perbedaan. ‌2 potensi yg ada yaitu ternak kambing dan tani dalam hal ini pembibitan kopi sudah berjalan dengan baik. Nilai lebih pemasukan kas anggota kelompok diperoleh dari pengelolaan simpan pijam anggota , dimana simpan pinjam ini sudah menyentuh angka Rp,- 77.000.000 -+ yg murni dimiliki kelompok KTT Mekar Sari yg berjumlah 27 orang sudah termasuk Ketua,sekertaris dan bendahara. Dalam segi kesejahteraan setiap menginjak hari raya umat HINDU (Hari raya Galungan & Kuningan) Kelompok sudah mampu memberikan THR setiap 6 bulan sekali sejumlah Rp,- 450.000.

#Informasi Data ternak
Kambing Boer : 2 ekor
Kambing Etawa : 10 ekor
Jenis kawin silang Etawa dengan lokal super : 40 ekor
Lokal super : 41 lokal super
Lokal : 7 ekor
Pranakan Etawa x lokal : 5 ekor
Total populasi ternak : 105 ekor.

#Informasi keanggotaan/kelembagaan
Ketua : I Nyoman Bakti
Sekertaris : Jro Mangku Kawi Sarjana
Bedahara : Wayan Sutayasa
Dan 24 lain adalah Anggota aktif KTT Mekar Sari.
PPL Wilbin : Slamet Triono Hadi,S.P

 

Harisca Rusmaedy,S.P/BPP Busungbiu