(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

DROPPING BENIH PADI VARIETAS CIHERANG DISUBAK TEGALLINGGAH DESA TEGALLINGGAH

Admin distan | 21 November 2018 | 286 kali

Senin, 19 November 2018 sudah dilaksanakan kegiatan dropping padi varietas Ciherang dengan label ungu yang bertempat di Subak Tegallinggah Desa Tegallinggah. Pemilihan dari varietas Ciherang ini karena memiliki kelebihan diantaranya tahan terhadap wereng coklat, tahan terhadap hawar daun bakteri starain III dan IV, baik ditanam dilahan sawah irigasi dataran rendah sampai 5000 m dpl.

Kegiatan dropping dihadiri oleh PPL Tegallinggah, Kelian Subak Tegallinggah, dan distributor. Luas lahan subak Tegallinggah saat ini adalah 40 ha dengan jumlah anggota 94 orang, dan yang akan menanam padi sebanyak 53 orang dengan luas lahan 38 ha.

Untuk pendistribusian benih jumlah yang akan diterima sebanyak 25 kg per ha, namun masyarakat resah akan kurangnya benih saat tanam. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut maka PPL Tegallinggah menyarankan untuk melakukan persemaian benih sebanyak 4% dari luas areal yang akan ditanam. Untuk jumlah penanaman 2-3 pohon perlubang dan berumur dibawah 20 hari semai untuk mendapatkan anakan maksimal.

Ni Putu Rima Yanti/ BPP Sukasada