(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Distanak gelar Stand dalam Festival Agribisnis Prov Bali 2014

Admin distan | 22 September 2014 | 696 kali

Pemerintah Provinsi Bali menggelar festival agribisnis. Seperti tahun sebelumnya pameran komoditas pertanian se- Bali ini digelar di seputar Monumen Bajra Sandhi yang berlokasi di Jalan Niti Mandala, Denpasar. Festival Agribisnis 2014 "Cintai dan Konsumsilah Produk Pertanian Lokal"berlangsung 19-22 September 2014, dan dalam dua hari terakhir banyak dikunjungi masyarakat, pengusaha pariwisata dan juga kalangan wisatawan.

Pembukaan acara tersebut dimulai dengan penandatanganan MoU antara para petani sayur dan buah dengan pihak pengusaha, hotel dan supermarket. Asisten I (satu) Gubernur Bali, Ketut Wija menyatakan kebanggaanya karena para petani telah mengikat perjanjian dagang dengan para eksportir dan pedagang. Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika menyatakan bahwa tema pameran kali ini sangat sesuai dengan kondisi saat ini di Bali. Pada acara pembukaan pameran, itu Gubernur menyebutkan, selama ini produk pertanian lokal petani Bali sangat dibutuhkan, baik untuk memenuhi kebutuhan upacara adat dan agama di Bali, maupun memenuhi pasar modern dan khususnya kebutuhan sektor pariwisata. Sektor pertanian kata Pastika, juga mempunyai multi fungsi yakni sebagai penyedia bahan baku industri, penyerap tenaga kerja, fungsi konservasi sumber daya alam, kelestarian lingkungan serta pelestarian adat serta budaya.

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng dalam kesempatan tersebut ikut menampilkan produk unggulan komoditas pertanian yang ada di Buleleng. Adapun Kabupaten Buleleng berhasil meraih Juara III dalam lomba Gebogan, selain itu stand pameran Kabupaten Buleleng memperoleh Juara Harapan I.