(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Distanak Belajar Mempercantik Produk Hasil Olahan

Admin distan | 22 Desember 2014 | 977 kali

Kemasan memang bukan yang utama namun memegang peranan penting dalam mendapatkan hati konsumen untuk memilih produk tertentu. Kemasan sangat mempengaruhi penampilan produk sehingga menarik konsumen. Kemasan juga sangat penting dalam menjagakeawetan dan higienitas produk untuk dalam jangka waktu tertentu.Pengemasan merupakan suatu cara atau perlakuan pengamanan terhadap makanan atau bahan pangan, agar makanan atau bahan pangan baik yang belum diolah maupun yang telah mengalami pengolahan, dapat sampai ke tangan konsumen dengan “selamat”, secara kuantitas maupun kualitas.


Distanak Buleleng pada tanggal 18 s/d 20 Desember 2014 melakukan studi banding ke Malang untuk lebih memperdalam pengetahuan dalam hal pengemasan, adapun kunjungan dilaksanakan pada AA Packaging House, Malang. Umumnya produk olahan hasil pertanian Kabupaten Buleleng tidak kalah dengan produk-produk kabupaten lain, namun pada penyelesaian akhir berupa pengemasan produk kita terlihat masih kalah dan kurang menarik dengan produk lain. Dalam kegiatan ini rombongan yang langsung dipimpin oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng, Ir Nyoman Swatantra MMA berkesempatan untuk mencoba membuat kemasan sesuai dengan produk olahan pertanian yang memang sengaja dibawa dari Buleleng.Instruktur dari AA Packaging House juga memberikan trik-trik dalam membuat kemasan yang menarik dan aman bagi konsumen.


Studi Banding Distanak ke Malang selain menyasar ke AA Packaging House juga dilaksanakan di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika dan Balai Besar Pelatihan Peternakan di Batu Malang. Dari dua lembaga tersebut dijanjikan bantuan blok mata tempel untuk rencana balai benih hortikultura serta kerjasama pengajuan diklat untuk penyuluh peternakan.

Oleh: Made Siladharma, S.TP