(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Demplot BPP Busungbiu Varietas Padi Sidenuk

Admin distan | 10 November 2018 | 448 kali

Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan. Tujuan pelaksanaan demplot adalah untuk memberikan contoh bagi petani disekitarnya untuk menerapkan teknologi baru di bidang pertanian. Salah satu tempat menjadi contoh demplot yaitu BPP Busungbiu. Lahan yabg digunakan berada tepat disebelah kantor BPP Busungbiu. Saat itu varietas yang digunakan adalah padi Sidenuk dengan pola tanam jajar legowo.

Jajar Legowo adalah salah satu sistem penanaman padi di Indonesia yang pada intinya dilakukan dengan cara mengatur jarak antar benih pada saat penanaman. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan hasil padi. Sedangkan varietas padi sidenuk sangat direkomendasikan untuk dibudidayakan karena mampu berproduksi di atas varietas padi unggul yang sudah banyak dibudidayakan petani.

Berdasarkan hasil ubinan pada Rabu, tanggal 7 Desember 2018 diperoleh hasil sebagai berikut ;
1. Rata-rata jumlah rumpun : 78
2. Rata-rata jumlah anakan : 26,4
3. Rata-rata jumlah malai : 24,9
4. Rata-rata jumlah butir gabah panen : 175
5. Rata-rata GKP : 6,5 kg
Berdasakan hasil tersebut jumlah yang didapat dari lahan BPP Busungbiu terbilang cukup tinggi dibandingkan wilayah lain.

 

Ni Ketut Gayatri Ade Pratiwi AD/BPP Busungbiu