(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

DEM AREA BUDIDAYA TANAMAN SEHAT PADI

Admin distan | 21 September 2018 | 2831 kali

Kamis, (21/9/2018)
Kegiatan Demonstrasi Area Budidaya Tanaman Sehat Padi dilaksanakan pada Bulan Juli sampai Oktober 2018 yang dihadiri oleh Kepala Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Bali (BPTPH), Kasi Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Pangan, Koordinator Laboratorium Pengamatan Hama Penyakit Tanaman Pangan dan Hortikultura (PPHPTH), Petugas Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) kecamatan Seririt dan Krama Subak Pengaringan, Desa Kalianget Seririt Singaraja. Tempat di Balai Subak Pengaringan.

Tujuan dari pada kegiatan Dem Area dilakukan untuk mengatasi serangan Organisme Pengganggu Tanaman) dengan prinsip dasar PHT (Pengendalian Hama Terpadu).
Dalam Budidaya padi, serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) merupakan faktor pembatas dalam pencapaian sebaran produksi. Salah satu Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) utama padi adalah Wereng Batang Coklat (WBC) serta penyakit yang ditularkannya yaitu penyakit Kerdil Rumput dan Kerdil Hampa didasarkan pada prinsip-prinsip. Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yaitu Budidaya Tanaman Sehat, Pemanfaatan musuh alami, Pengamatan Rutin dan petani ahli PHT (Pengendalian Hama Terpadu). Proses penerapannya dimulai dari saat pra tanam sampai panen. Penanaman tanaman refugia untuk tempat singgah musuh alami dan petani melakukan pengamatan secara rutin di lahan pertaniannya.

-MangArta/Bidang TP-