(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Acara Sosialisasi Lanjutan Padi SALIBU di Subak Gede Padangbulia

Admin distan | 08 Oktober 2018 | 183 kali

Kegiatan sosialisasi SALIBU ini dilakukan pada hari minggu tanggal 7 oktober 2018 bertempat di Subak Gede Padangbulia. Dalam acara sosialisasi ini dihadiri oleh petugas Tanaman Pangan dari Dinas Pertanian Kab. Buleleng yang didampingi oleh petugas PPL Padangbulia dan Petugas POPT Kecamatan Sukasada dan dihadiri juga oleh kelian subak dan dihadiri juga oleh kelian subak dan krama Subak Gede Padangbulia

Dalam acara sosialisai lanjutan pada salibu ini membahas kembali tentang apa itu SALIBU, bagaimana cara dan syarat penanaman SALIBU dan apa keuntungan dari penanaman SALIBU tersebut. SALIBU merupakan satu inovasi teknologi untuk memacu produksi atau peningkatan produksi atau sisten pola penanaman tanaman padi generasi kedua atau tanaman yang sudah dipanen dengan perakaran batang maupun analan yang tumbuh sebelumnya berasal dari tanaman generasi pertama atau disebut dengan tanaman indukan.

Syarat penanaman SALIBU :

  1. Tanaman induk harus sehat
  2. Daerah tanaman bukan endemik hama/ penyakit
  3. Ketersedian air yang cukup
  4. Tidak mengalami kekeringan yang terlalu lama
  5. Memiliki drainase yang baik.

Keuntungan dari SALIBU ini adalah lebih hemat, baik hemat modal , tenaga kerja, waktu, karena dengan menggunakan tenik SALIBU ini kita tidak perlu lagi melakukan pengolahan lahan dan penanaman kembali, umur padi sistem SALIBU ini relatif pendek.

 

Dewa Made Arimbawa/ POPT Kec. Sukasada