(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Rapat Rutin BPP Seririt

Admin distan | 10 Januari 2022 | 727 kali

Senin, 10 Januari 2022 dilaksanakan kegiatan rapat rutin (meeting) di ruang pertemuan BPP Seririt. Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Koordinator BPP Seririt, POPT, Dokter Hewan Kecamatan, staf pegawai serta PPL se-Kecamatan Seririt. Dalam rapat rutin ini terdapat beberapa hal yang disampaikan diantaranya : update data potensi wilayah (potwil) tahun 2022, pelaporan tanam, kewaspadaan terhadap OPT, serta kegiatan pelayanan kesehatan hewan tahun 2022 di Kecamatan Seririt. 

Mengawali Tahun 2022, Koordinator BPP Seririt menyampaikan pentingnya update data potwil bagi semua PPL di tiap wilbin. Seluruh PPL dihimbau untuk melakukan pendataan potensi wilayah di wilbin masing-masing, terutama data potensi hortikultura yang sampai saat ini masih terus disempurnakan. Selain melakukan update potwil, tiap PPL juga dihimbau untuk melakukan pelaporan tanam, baik padi maupun jagung, yang dilaporkan setiap minggu. Pelaporan tanam ini bertujuan untuk mengetahui IP di tiap poktan/subak dalam setahun, disamping pula terkait kebutuhan pupuk subsidi.

Untuk permasalahan OPT, khususnya pada tanaman padi, POPT menghimbau kepada semua PPL di tiap wilbinnya untuk waspada terhadap OPT seperti penggerek batang, blast, tungro, tikus, serta kresek. Khusus untuk penggerek batang padi, upaya pencegahan yang dianjurkan yaitu : pemungutan kelompok telur dan pemakaian karbofuran, baik di persemaian maupun di pertanaman. Apabila intensitas serangan sudah mencapai ambang 11%, dianjurkan melakukan pengendalian dengan pestisida kimia. Untuk wilayah yang sudah memasuki masa panen, pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan pemotongan batang padi sisa panen serendah mungkin.

Di sela-sela meeting, turut hadir pula Tim dari Bidang PKH, guna menindaklanjuti kasus kematian babi yang terjadi di Desa Ringdikit serta kasus GHPR di Desa Ularan. 

Dalam rapat rutin ini juga dilakukan sesi diskusi terkait permasalahan yang ditemukan di lapangan guna mencari solusi bersama sehingga segala kegiatan yang dilakukan nantinya oleh setiap PPL wilbin berjalan lancar sesuai yang direncanakan.