(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

UPAYA PENANGGULANGAN VIRUS MOSAIK TEMBKAU

Admin distan | 23 September 2019 | 57322 kali

Virus mosaik tembakau (tobacco mosaik virus,TMV) adalah virus yg menyebabkan penyakit pada tanaman tembakau dan tumbuhan anggota suku terong terongan(solanaceae) lain.
Gejala penyakit mosaik adalah klorotik disekitar tulang daun, semakin lama daun menjadi nerwarna belang (mosaik) daun yang berwarna hijau akan lebih tua warnanya dan pertumbuhan daun terhambat (ukuran menjadi lebih kecil) Pada daun terjadi bercak - bercak hijau muda atau kuning yang tidak teratur.


Upaya Penaggulangan :
1.Pemilihan lahan, menghindari lahan lahan bekas tanaman inang yg terserang penyakit tmv
2.sanitasi, bertujuan membersihkan inokulan dengan mencabut tanaman yg sakit, tanamam inang lain dan membersihkan peralatan.
3.Disenfeksi tangan pekerja, dianjurkan memakai sabun hijau, secara intensif untuk mencuci tangan pekerja yg memasuki areal tembakau
4. Varietas Tahan, memilih varietas yg tahan akan penyakit TMV seperti coker 51, coker 86 dan sc 72
5. Rotasi dengan tanamam bukan inang, bertujuan untuk memutus rantai makanan atau memberi lingkungan yg tdk cocok bagi patogen sehingga populasi virus menurun. Beberapa tanaman untuk rotasi antara lain jagung, kapas, kacang tanah, kedelai dan ketela rambat
6. Penyemprotan vektor dengan insektisida
7. Pengendalian bisa dengan susu skim, konsentrasi 2,5 kg susu + air 20 ltr, ini untuk 100 m2, dg cara semprotkan sore hari. Susu skim mampu menekan serangan mozaik. Susu skim mengandung enzim peroksida, yang mampu menekan serangan.
Pembersihan gulma juga mampu menekan tmv.

oleh : Setiawan_Bidang Perkebunan>>>