(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Sumber daya Biogas yang utama yakni dari kotoran Sapi, Kerbau, Babi serta Kuda.

Admin distan | 16 Februari 2015 | 2871 kali

Pengertian dan Manfaat Biogas
Biogas yaitu gas yang dihasilkan dari sistem penguraian beberapa bahan organik oleh mikroorganisme pada keadaan langka oksigen (anaerob). Komponen biogas diantaranya seperti berikut : ± 60 Persen CH4 (metana), ± 38 Persen CO2 (karbon dioksida) serta ± 2 Persen N2, O2, H2, & H2S. Biogas bisa dibakar seperti elpiji, dalam taraf besar biogas bisa dipakai untuk pembangkit daya listrik, hingga bisa jadikan sumber daya alternatif yang ramah lingkungan serta teranyarkan. Sumber daya Biogas yang utama yakni dari kotoran Sapi, Kerbau, Babi serta Kuda.

pembuatan biogas
Di negara Cina Dari th. 1975 ” biogas for every household “. Pada th. 1992, 5 juta rumah tangga di China memakai biogas. Reaktor biogas yang banyak dipakai yaitu jenis sumur tembok dengan bahan baku kotoran ternak & manusia dan limbah pertanian. Lalu di negara India Di kembangkan dari th. 1981 lewat ” The National Project on Biogas Development ” oleh Departemen Sumber Daya non-Th. 1999, 3 juta rumah tangga memakai biogas. Reaktor biogas yang dipakai jenis sumur tembok serta dengan drum dan dengan bahan baku kotoran ternak serta limbah pertanian. Serta yang paling akhir negara Indonesia Mulai dikenalkan pada th. 1970-an, pada th. 1981 lewat Proyek Pengembangan dan cara membuat Biogas dengan support dana dari FAO di bangun misal instalasi biogas di sebagian propinsi. Pemakaian biogas belum cukup berkembang luas diantaranya dikarenakan oleh lantaran tetap relatif murahnya harga BBM yang disubsidi, sesaat teknologi yang dikenalkan sampai kini tetap membutuhkan cost yang cukup tinggi lantaran berbentuk konstruksi beton dengan ukuran yang cukup besar. Mulai th. 2000-an sudah di kembangkan reaktor biogas taraf kecil (rumah tangga) dengan konstruksi simpel, terbuat dari plastik dengan cara siap gunakan (knockdown) serta dengan harga yang relatif murah.

manfaat biogas
Manfaat biogas yaitu untuk pengganti bahan bakar terutama minyak tanah serta dipergunakan untuk memasak lalu untuk bahan pengganti bahan bakar minyak (bensin, solar. Dalam taraf besar, pembuatan biogas bisa dipakai untuk pembangkit daya listrik. Di samping itu, dari sistem pembuatan biogas bakal dihasilkan bekas kotoran ternak yang bisa segera dipergunakan untuk pupuk organik pada tanaman (biogas plant). Potensi pengembangan Biogas di Indonesia tetap cukup besar. Hal itu mengingat cukup banyak populasi sapi, kerbau serta kuda, yakni 11 juta ekor sapi, 3 juta ekor kerbau serta 500 ribu ekor kuda pada th. 2005. Tiap-tiap 1 ekor ternak sapi/kerbau bisa dihasilkan + 2 m3 biogas /hari. Potensi ekonomis Biogas yaitu benar-benar besar, hal itu mengingat bahwasanya 1 m3 biogas bisa dipakai setara dengan 0,62 ltr minyak tanah. Selain itu pupuk organik yang dihasilkan dari sistem produksi biogas telah pasti memiliki nilai ekonomis yg tidak kecil juga.
Copyright © 2015 Update Terbaru 2015 www.totalserve.biz