(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Sifat Botani Tanaman Mangga

Admin distan | 23 November 2015 | 7358 kali

Mangga merupakan tanaman hutan yang tingginya mencapai 30 m. Semua bagian tanaman bergetah agak kental. Tanaman mangga lebih senangtumbuh di tempat terbuka.

Mangga Sumber Vitamin dan Mineral

a. Daun dan batang

Daunnya panjang lebar hingga panjang kecil dengan ujung meruncing serta sedikit bergetah. Letak daun terkumpul pada ujung ranting. Pohon bercabang banyak dengan arah cenderung mendatar hingga ke atas. Kayunya bergetah.

b. Bunga

Tanaman menyerbuk silang melalui serangga lebah madu (Apis mellifera). Umumnya, bunga terdapat dalam tandan atau rangkaian. Setiap tandan dapat mempunyai lebih dari 1.000 kuntum bunga. Bunga pada pangkal tandan umumnya jantan, jumlahnya lebih dari 92% dari jumlah bunga per tandan. Sementara itu, bunga pada ujung tandan adalah bunga sempurna (hermafrodit) yang jumlahnya kurang dari 8%.

Sel kelamin betina (sel telur) dari bunga sempurna biasanya tidak subur.Sel kelamin betina yang subur (fertil) hanya berkisar antara 5—10%. Sel kelamin jantan dari bunga sempurna dan bunga jantan adalah lemah. Kemampuan tumbuh tepung sari tersebut hanya 1—2%. Hal inilah yang menyebabkan hasil buahnya sedikit. Tandan bunga muncul pada ujung cabang atau ranting. Umumnya, tanaman ini hanya berbunga setahun sekali yang jatuh pada musim kemarau (setelah mengalami musim kering lebih dari empat bulan).

c. Buah

Buah mangga relatif besar, bentuknya bulat hingga panjang. Bijinya besar,gepeng, diliputi oleh daging yang tebal dan lunak serta enak dimakan. Bijinya berkulit tebal dan liat, tetapi tidak tahan disimpan lama. Buah yang matang berwarna merah, kuning, atau hijau kebiruan, dan beraroma harum. Rasanya asam hingga manis, tergantung varietasnya. Daging buah lembek, berair, dan berserat halus sekali hingga berserat kasar.

d. Akar

Pohonnya bisa besar. Memiliki akar tunggang dan akar samping yang dalam dan kuat.

Download disini