(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Proses Panen Tomat beefsteak

Admin distan | 14 Desember 2020 | 6482 kali

Tomat merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Bisa di makan langsung atau dimasak dengan kuliner yang lain. Kandungan vitamin c yang tinggi, membuat tomat mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Budidaya tomat sangatlah gampang, bisa dilaksanakan di lahan sempit atau di pot. Bisa juga menanamnya di halaman rumah, bila ingin menanam tomat untuk di jual kembali, harus menyiapkan lahan dengan baik. sehingga bisa menghasilkan panen yang bermutu. 

Tomat beef mempunyai ukuran yang besar, permukaan kulitnya tidak halus dan cenderung mempunyai lipatan. Sekilas mirip dengan bentuk buah labu mini. Karena ukuran yang besar, jenis tomat ini sering dipakai sebagai isian sandwich. Tomat beef tergolong jenis unggulan karena lebih tahan terhadap hama penyakit.

Pemanenan buah tomat dilakukan setelah tumbuhan berumur 60-100 hari, tergantung dengan jenisnya. Buah siap dipetik bila dilihat dari ukuran buah, warna kulit, bab batang menguning dan bab tepi daun tua mengering. Proses pemanenannya dikerjakan dengan cara sebagai berikut:
1. Waktu pemetikan dilaksanakan pada pagi atau sore hari. dikala cuaca cerah, jangan dilakukan pada siang hari karena akan membuat buah cepat layu. Selain itu daya simpannya lebih pendek.
2. Pemetikannya dilakukan dengan tangan. Memotong buah secara hati-hati, sampai bab tangkai terputus.
3. Pemetikan buah tidak mampu dilaksanakan eksklusif, alasannya matangnya buah tidak sama. Pemetikan mampu dilakukan dengan jarak 2-3 hari hingga seluruh tomat habis.