(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PISANG MERAH (Musa acuminata red dacca)

Admin distan | 14 Maret 2016 | 2565 kali

Sumber : Ir. IGA. Maya Kurnia, M.Si/PP. Madya Distanak Kab. Buleleng

Pisang merah atau bernama latin Musa Acuminata Red Dacca ini merupakan salah satu varietas pisang yang banyak tumbuh di benua Asia, termasuk di Indonesia. Pisang ini memiliki bentuk gempal berwarna merah keunguan, warna dagingnya pun merah muda dan sedikit berasa sepat seperti raspberry. Sayangnya saat ini mulai sulit ditemui di Indonesia. Padahal pisang merah ini memiliki nutrisi yang jauh lebih tinggi dari pisang kuning pada umumnya.

 

Pisang merah mengandung beta karoten dan vitamin c yang tinggi. Lantas apa sajakah manfaat pisang merah untuk kesehatan?

1) Mencegah terjadinya batu ginjal. Kandungan potasium yang tinggi pada pisang merah sangat baik untuk kesehatan ginjal dan mencegah batu ginjal, serangan jantung dan kanker. Pisang ini juga kaya akan kalsium yang bisa melindungi kekuatan tulang.

2) Menurunkan berat badan Kalori pada pisang merah lebih sedikit daripada pisang kuning sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang menjalani program diet. Pisang ini juga cocok untuk penderita diabetes karena kaya serat, rendah kalori.

3) Meningkatkan sel darah merah Kaya vitamin dan antioksidan membuat pisang merah sangat ampuh untuk meningkatkan kadar hemoglobin tubuh. Hal ini akan menjaga imunitas tubuh dan menormakan gula darah. Rutin mengonsumsi pisang merah membuat anda tak perlu lagi meminum vitamin B6 tambahan.

4) Energi instan Pisang merah juga bisa memberi energi instan karena dapat mengubah gula menjadi energi. Pisang merah bisa menjadi pengganti menu sarapan.

5) Mencegah serangan jantung atau jantung berdebar-debar Konsumsi pisang merah secara teratur mencegah serangan jantung atau jantung berdebar-debar.(Tribunjateng/sumber boldsky)

Download disini