(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PENGEMBANGAN TANAMAN KEDELAI SEBAGAI SOLUSI KEPERLUAN BENIH

Admin distan | 12 Oktober 2018 | 3469 kali

Kedelai merupakan bahan pangan yang sangat populer di kalangan masyarakat. Hampir setiap hari sebagian besar masyarakat mengkonsumsi makanan olahan berbasis kedelai, misalnya tempe, kecambah, susu kedelai, dan lain-lain.
 
Kedelai termasuk dalam jenis kacang-kacangan. Merupakan tanaman semusim, berupa semak rendah, tumbuh tegak, berdaun lembut, dengan beragam morfologi. Tinggi tanaman berkisar antara 10-200 cm. Dapat bercabang sedikit atau banyak tergantung kultivar dan lingkungan hidup.
 
Seperti diketahui, Kementerian Pertanian menargetkan untuk menambah 546.000 hektare (ha) lahan kedelai tahun ini di luar lahan swadaya. Penambahan lahan baru ini dilakukan dengan menyalurkan bantuan sarana produksi pada petani seperti pembiayaan benih, pupuk, rhizobium serta obat-obatan lain yang diperlukan.
Di Desa Kaliasem sendiri petani mengembangkan tanaman kedelai sebagai persiapan mengantisipasi membludaknya keperluan biji kedelai sebagai pembenihan persiapan keperluan dari wilayah lain sebagai sentra pengembangan, dengan pembelian biji langsung hasil panen kering oleh dinas pertanian Buleleng.
 
Diharapkan untuk biji kedelai kedepannya tidak sampai kuwalahan dari keperluan pasar dengan beberapa persiapan dari program-program yang disediakan oleh pemerintah, khususnya dibidang pertanian yang memfokuskan untuk komoditas kedelai.

 

Sada Wedantara­_BPP Banjar