(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Peluang Usaha Budidaya Lengkuas Dan Analisa Usahanya

Admin distan | 01 September 2020 | 7335 kali

Lengkuas atau laos memang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga Anda. Bahan yang satu ini merupakan bumbu dapur yang tidak boleh dilewatkan. Lengkuas kerap digunakan untuk memasak bahan daging, ikan dan juga sayuran. Dengan tambahan lengkuas membuat masakan memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Lengkuas memang bahan penting yang tidak boleh dilewatkan dan banyak dijual di pasaran. Harga jual lengkuas memang terbilang terjangkau, namun bahan ini penting sehingga laris di pasaran. Memanfaatkan bumbu yang kerap disapa laos untuk peluang bisnis tentu akan sangat menguntungkan. Peluang usaha budidaya lengkuas menjadi salah satu celah bisnis yang menguntungkan. Usaha budidaya lengkuas dapat dikatakan sangat menguntungkan meski usaha ini nampak sepele. Budidaya lengkuas dapat dikatakan sangat mudah dan panennya melimpah. Jika Anda memiliki ketersediaan lahan yang kosong tentunya Anda dapat memanfaatkan untuk budidaya lengkuas. Menariknya lagi, budidaya lengkuas ini selain dijual untuk penyedap masakan juga banyak pabrik obat yang membutuhkannya sebagai bahan penyembuhan penyakit. Sehingga jika Anda memanfaatkan budidaya lengkuas tidak akan susah mencari pasarannya. Jika Anda tertarik untuk budidaya lengkuas maka dapat melihat ulasannya yang ada di bawah ini :
Memulai bisnis budidaya lengkuas
Bisnis budidaya tanaman lengkuas memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya lengkuas yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis budidaya lengkuas ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya lengkuas di lahan sekitar rumah.
Pelaku bisnis budidaya lengkuas
Bisnis budidaya lengkuas ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat. Dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya lengkuas ini dapat Anda jalankan dengan mudah.
Konsumen bisnis budidaya lengkuas
Konsumen budidaya lengkuas memang tidaklah sulit, konsumen budidaya lengkuas cukup besar mulai dari konsumsi rumah tangga hingga berbagai usaha kuliner. Dimana bahan laos ini snagat penting untuk digunakan.
Peralatan bisnis budidaya lengkuas
Dalam bisnis budidaya lengkuas membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya pembukaan lahan lengkuas, pengadaan bibit lengkuas, pompa air, cangkul, gerobak dorong, timbangan,  pompa air, timba, keranjang panen lengkuas, golok dan sabit, selang air, gunting, serta hand sprayer. Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya lengkuas makin maksimal.
Pemasaran budidaya lengkuas
Dalam berjualan budidaya lengkuas, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar, rumah makan, restoran atau hotel. Juga dapat memasarkannya dengan menjalin kerja sama dengan pabrik besar.
Karyawan bisnis budidaya lengkuas
Karyawan dalam menjalankan bisnis budidaya lengkuas bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.
Harga jual budidaya lengkuas
Patokan harga untuk budidaya lengkuas dapat Anda buat dalam hitungan per daging dimana harga mulai Rp 8.000 hingga Rp 12.000. Ini tergantung dari harga lengkuas yang ada di pasketat
Keuntungan ketat Dalam menjalankan bisnis budidaya lengkuas
Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya lengkuas ini yakni merupakan bisnis budidaya tanaman yang mengutungkan sebab permintaan di pasaran terbilang tinggi.
Kekurangan bisnis budidaya lengkuas
Segi kekurangan bisnis budidaya lengkuas ialah budidaya lengkuas memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat

Sumber link :htmhttp://www.agrowindo.com/peluang-usaha-budidaya-lengkuas-dan-analisa-usahanya.htm