(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

MENGENAL BUAH BIT SERTA MANFATNYA UNTUK KESEHATAN.

Admin distan | 27 Agustus 2020 | 394701 kali

Buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Umumnya, buah ini hanya digunakan akarnya saja yang terasa manis untuk obat kesehatan. Namun lama kelamaan, daging buah dan daunnya juga dikonsumsi.Buah bit pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat di Afrika ribuan tahun yang lalu.

Akar buahnya yang begitu populer kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Eropa. Lalu, orang-orang tersebut membudidayakan dan mengonsumsinya di daerah mereka.Dari abad ke 16 hingga abad ke-19, buah bit digunakan untuk mendapatkan beberapa manfaat. Misalnya, jus daging buahnya digunakan sebagai pewarna makanan. Sementara kandungan gula pada buahnya digunakan sebagai pemanis campuran dalam makanan dan minuman. Terlebih, di sekitar abad ke-19, buah ini mulai digunakan sebagai salah satu campuran bahan untuk mengekstraksi dan memurnikan gula yang terbuat dari tebu.Buah bit atau buah bit merah merupakan tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan. Bentuknya menyerupai kentang serta manfaat buah bit juga terdapat pada akar dan tangkainya.

Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara dijus atau diolah lagi menjadi santapan dengan tekstur lembut.Meskipun daunnya bisa dimasak untuk dijadikan sayur, buah bit lebih dikenal umbinya yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah bit mengandung tinggi karbohidrat namun kandungan lemak, kalori dan proteinnya sangat rendah.Jadi sangat bagus dikonsumsi bagi yang sedang menjalani program diet. Kandungan betasianin (pigmen ungu) dan betasantin (pigmen kuning) yang terdapat pada buah bit inilah yang membuat warnanya menjadi merah gelap keunguan. Karena warnanya yang pekat ini, buah bit juga sering dipakai sebagai pewarna makanan alami.Buah ini sering ditemukan di Amerika dan Inggris, tetapi jika Anda ingin membelinya bisa diperoleh di pasar swalayan. Yuk, simak segudang manfaat buah bit untuk tubuh pada penjelasan di bawah ini.
Gizi yang terkandung dalam buah bit
Di dalam buah bit dapat ditemukan sejumlah nutrisi berikut ini:Asam folat,Kaliumen,Serat
,Vitamin C ,Magnesium, Zatbesi,Fosfor ,Triptofan,Caumarin, Betasianin

Manfaat buah bit untuk kesehatan jus buah bit :


1. Mengandung banyak antioksidan di dalamnya

Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan masuknya radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Antioksidan juga bisa mencegah terjadinya stres oksidatif dan merusak sel-sel baik di dalam tubuh Anda.
Selain itu beberapa penelitian telah menemukan bahwa antioksidan dapat melindungi tubuh terhadap banyak jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes.
Manfaat buah bit secara alami juga terdapat pada tingginya kandungan fitonutrien untuk melawan penyakit, antioksidan, vitamin dan mineral. Bahkan, buah bit dianggap menjadi salah satu sumber buah yang mengandung jenis fitonutrien, yakni, betalain. Betalain baik untuk mencerahkan warna kulit. Ia juga mampu membantu melindungi beberapa perkembangan jenis kanker dan penyakit lainnya di tubuh Anda.


2. Detoks alami untuk tubuh (ginjal dan hati)

Tubuh sebenarnya dapat mengeluarkan racun (detoks) sendiri, hal ini terjadi secara alamiah untuk mencegah Anda keracunan. Pertama, ada organ detoks ginjal yang berfungsi menyaring darah dan menghasilkan air seni.Lalu ada paru-paru yang berfungsi mengeluarkan karbon dioksida dari oksigen yang telah dihirup. Ada kulit yang berfungsi mendorong racun dan partikel berbahaya lainnya keluar melalui pori-pori. Selanjutnya ada hati juga yang memainkan peran penting dalam detoksifikasi, yakni dengan membuang racun dan zat berbahaya lainnya dari darah.

Untuk mendorong tubuh mengeluarkan racun, buah bit mampu membantu beberapa organ tersebut, terutama ginjal dan hati, untuk tetap bekerja secara maksimal. Hal ini ditemukan dari penelitian di Polandia.
Penelitian ini menguji seekor tikus yang diberi buah bit, tikus tersebut sebelumnya memang sudah mengalami kerusakan pada sel-sel di tubuhnya. Setelah diberikan buah bit secara rutin, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Phytotherapy Research menemukan bahwa tikus tersebut menjadi lebih sehat.
Hasil ini ditemukan pada tubuh tikus yang menunjukkan bahwa kadar enzimnya menjadi baik dan organ detoks di tubuhnya jadi maksimal bekerja membuang racun di tubuh karena konsumsi buah bit. Jangan lupa juga konsumsi kombinasi jus bit, wortel dan ketimun, adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan hati dari racun yang tertimbun di kedua organ tersebut.

3. Dapat mencegah hipertensi
Telah terbukti secara nyata, minum jus dari umbi bit ini menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School menyarankan cara murah ini untuk menurunkan hipertensi. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung.

4. Meningkatkan stamina, makanan idaman para atlet
Penelitian dari Universitas Exter di Inggris menyatakan, minum jus bit bisa membantu orang yang berolahraga, biasanya untuk atlet, menjadi 16 persen lebih kuat dan berstamina karena kandungan nitratnya dapat mengurangi pembakaran oksigen dalam olahraga, sehingga rasa capek dapat berkurang.Buah bit telah terbukti memiliki manfaat dari salah satu makanan atlet. Ini karena kandungan nitratnya telah terbukti membuat sel-sel lebih baik dalam menghasilkan energi dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan performa.Selain itu, sebuah studi percobaan pada tahun 2011 menemukan bahwa mengonsumsi jus bit secara rutin dapat meningkatkan tenaga dan stamina seseorang menjadi 2,8 persen lebih banyak tenaganya.Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa suplemen nitrat, dapat mengurangi rasa lelah saat berolahraga serta bisa memperkuat latihan dengan intensitas tinggi, cocok untuk para atlet.

5. Mencegah anemia
Buah yang berwarna kemerahan ini sering dihubungkan dengan warna darah, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

6. Mengurangi masalah pencernaan
Buah bit merupakan buah kaya kandungan serat yang menyediakan 3,8 gram pada satu porsi cangkir buah bit. Kandungan serat berfungsi untuk membantu makanan bergerak melalui usus cerna. Serat juga bisa membantu melunakkan tinja, sehingga bisa membuat buang air besar atau BAB Anda nyaman, sehat, dan teratur.
Sebuah penelitian menemukan, bahwa asupan serat dalam buah bisa membuat tingkat BAB orang yang punya kondisi sembelit, atau susah buang air besar, jadi lancar. Namun, tidak hanya itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa asupan serat dari manfaat buah bit juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan cara lain juga dan dapat melindungi kondisi seperti infeksi pada usus, wasir dan GERD atau asam lambung.

7. Pas untuk yang ingin menurunkan berat badan.Selain mengandung banyak gizi, bit mengandung banyak kandungan serat namun rendah kalorinya. Ini merupakan sumber makanan yang bagus, jika Anda sedang menjalani program diet atau ingin menurunkan berat badan. Bahkan, setiap cangkir bit mengandung sebanyak 59 kalori dan 3,8 gram serat, atau setara dengan h 15 persen serat yang Anda butuhkan sepanjang hari.

8. Mengatasi masalah ketombe
Untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut indah Anda, coba rebus buat bit dengan diberi sedikit, lalu dioleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk. Keesokan harinya, bilaslah dan keramasla.

9. Pewarna makanan alami
Kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah terang dapat dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, kue basah atau kue kering, dan jelly.

10. Pewarna rambut alami
Bila Anda akan mewarnai rambut dengan bubuk henna, coba pilih warna hitam dan kemudian dicampur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut Anda akan hitam dengan gradasi burgundy dan alami. Lebih sehat dan tetap cantik alami.
Daun buah bit juga bermanfaat
Selain akar dan daging buahnya, ternyata daun buah bit juga bermanfaat dan bisa dikonsumsi, lho. Daun buah yang berwarna ungu kemerahan ini mengandung nutrisi penting seperti protein, fosfor, seng, serat, vitamin B6, magnesium, potasium, tembaga. Selain itu, daunnya juga sejumlah besar vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi.
Daun buah bit sebenarnya memiliki lebih banyak zat besi daripada kandungan zat besi di bayam (hijau berdaun lainnya dalam keluarga botani yang sama). Lalu, nilai gizinya juga lebih tinggi dibanding gizi di dalam akar ataupun di dalam daging buahnya itu sendiri. Berikut merupakan beberapa manfaat daunnya:
Bantu menangkal osteoporosis dengan meningkatkan kekuatan tulang
Melawan penyakit Alzheimer
Memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dengan merangsang produksi antibodi dan sel darah putih.

Sumber:
https://hellosehat-com.cdn.ampproject.org/v/s/hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-buah-bit/?amp_js_v=a3&amp_gsa=1&amp&usqp=mq331AQFKAGwASA%3D#aoh=15985137636744&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fhellosehat.com%2Fhidup-sehat%2Ftips-sehat%2Fmanfaat-buah-bit%2F