(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

MEKANISMA TEKNOLOGI PASCA PANEN PADI

Admin distan | 07 November 2018 | 7344 kali

PASCA PANEN adalah tindakan atau penanganan hasil panen padi yang meliputi pemanenan, perontokan, pengankutan, pengeringan, penggilingan, penyimpanan dan pengolahan  Inter mediate. Beras merupakan sumber karbohidrat penting  dan menjadi bahan pangan kestabilan stok beras  sangat besar  pengaruhnya terhadap ketahanan pangan dan dalam era global ini persaingan produk hasil pertanian termasuk  beras semakin ketat baik di pasar Internasional maupun domestik.

Untuk dapat terwujudnya  swasembada pangan khususnya khususnys beras memerlukan dukungan teknologi mekanisasi pertanian, kontribusi, penerapan teknologi dalam mekanisasi pertanian dalam peningkatan produksi padi mencapai 18% salah satu mekanisma pertanian yang sangat  strategis dan berpeluang besar untuk dapat meningkatkan hasil dan mempertahankan mutu padi adalah teknologi penanganan pasca panen padi. Berupa faktor yang mengakibatkan susut hasil pada segi kualitas dan kuantitas yaitu : 

  1. Faktor fisik dapat terjasi pada saat panen, perontokan, pengaringan dan pengangkutan.
  2. Faktor biologis biasanya disebabkan oleh serangan hama dan jemur.
  3. Faktor fisikologis seperti peningkatan aktivitas metabolism akibat  repitasi.

Mekanisasi teknologi penanganan pasca panen padi di kabupaten buleleng yang ditimbukan kepada masyarakat petani seperti  Combine Harvester, Power Theresser.

Alat mesin Pertanian Penanganan Pasca Panen tersebut telah membantu menyarankan petani dalam mempercepat waktu panen di lapangan.untuk masa yang akan datang, tenaga kerja yang  berprofesi sebagai tukang panen dari tahun ke tahun semakin kurang serta biasanya ongkos panen yang semaki mahal. Guna antisipasi kekurangan tenaga kerja, tukang panen sangatlah perlu di dukung dengan ketersediaan akan panen yang memadai.

Prinsif pemanfaatan  akan mesin pertanian yang mnangani pasca panen adalah untuk efesiensi tenaga kerja, waktu panen, susut hasil rendah dan kualitas hasil yang lebih baik.Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng saat ini telah menyebarkan alat mesin pasca panen berupa Combine Harvester dan Power Theresser jumlah tersebar  tentunya masih belum memadai jika dibandingkan dengan luas panen yang dilakukan oleh para petani.

 

I Gede Suadnyana, SP.MMA.