(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Manfaat Subak Untuk Pertanian

Admin distan | 15 November 2018 | 27560 kali

Subak adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang dengan khusus mengatur dan mengelola sistem pengairan sawah dalam bercocok tanam di Bali.

Irigasi adalah sistem untuk mengairi suatu sawah dan pengaturan air untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi air permukaan, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasi rawa.

Subak memiliki manfaat yang sangat banyak baik bagi kehidupan petani, juga bagi para masyarakat sekitarnya. Manfaat adanya organisasi subak dapat dibagi menjadi :

Meningkatkan Kesejahteraan Para Petani. Melalui sistem irigasi yang berasaskan keadilan bersama, sehingga para petani akan tetap mendapatkan air meskipun dalam keadaan krisis air. Selain itu juga, dapat menghindari terjadinya konflik antar petani hanya gara-gara memperebutkan aliran air ke sawah mereka.
Meningkatkan Kearifan Lokal , dengan terciptanya sistem Subak yang secara dominan menggunakan asas gotong-royong dan kekeluargaan.
Mensejarterakan Koperasi Unit Desa Yang Ada, Disini peranan koperasi akan sangat membantu baik melalui koperasi simpan pinjam atau sejenisnya yang juga pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat sekitar.

Jadi pada intinya subak sangat bermanfaat sekali dalam bidang pertanian, khususnya bagi para petani dalam mengairi lahan pertaniannya. Sehingga harus tetap dijaga dan dirawat untuk kesejahteraan petani maupun masyarakat.

Ikomangtrikuti/bpp sukasada