(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

CARA MENANAM BAWANG DENGAN KOTAK TELUR

Admin distan | 01 November 2018 | 4352 kali

[13:09, 11/1/2018] Ardhi Krisnawan: Bawang merupakan jenis tanaman umbi yang memiliki banyak lapisan. Bawang sudah menjadi bagian wajib pada setiap masakan lokal khas Indonesia. Menariknya, bawang bisa dibudidayakan di rumah dengan menggunakan media tanam dari kotak telur bekas. Berikut merupakan cara menanam bawang menggunakan kotak telur yang sangat mudah untuk diikuti.

1. Persiapan bibit bawang
Pilihlah bawang dengan kualitas baik. Bawang yang berkualitas memiliki ciri tidak cacat, berukuran besar, dan sudah tua. Setelah itu, siapkan gelas plastik ataupun wadah berisi air hingga agak penuh. Tusukkan lidi di tengah-tengah umbi bawang dan gantungkan bawang di atas gelas dengan mengaitkan ujung lidi pada mulut gelas.

Usahakan bagian bawah bawang, yaitu bagian akar terendam air namun jangan sampai seluruh bagian umbi bawang terendam air. Letakkanlah media pembibitan di tempat yang tidak banyak terkena sinar matahari serta diletakkan di ruangan yang gelap. Tunggulah tunas hingga muncul kira kira setinggi 2—5 cm dan bibit siap untuk ditanam di media tanam.

2. Penanaman bibit bawang

Selain murah dan mudah, dengan menggunakan media kotak telur sekaligus bisa membantu melestarikan alam. Hal ini karena dengan menggunakan media kotak telur dapat membantu untuk mengurangi limbah industri pertanian dengan pengolahan limbah yang baik dan benar.

Setelah media tanam siap, tahap selanjutnya bisa dimulai dengan membuat lubang tanam pada media tanam menggunakan alat seperti sekop kecil ataupun dengan tangan . Setelah itu, ambil bibit yang telah siap ditanam. Sebelumnya, pastikan bahwa telah melepaskan lidi yang menancap pada umbi bawang dan mencuci bibit dengan air bersih terlebih dahulu. Setelah bibit siap, masukkan bibit pada lubang tanam dan tutupi lubangnya menggunakan tanah campuran yang sama. Jangan lupa untuk memadatkan tanah terlebih dahulu agat bibit dapat berdiri kokoh.

3. Perawatan tanaman bawang

Untuk perawatan tanaman bawang dalam kotak telur sangatlah sederhana dan mudah. Hal yang perlu dilakukan yaitu memastikan bahwa media tanam selalu lembap, namun tidak basah dan pastikan bahwa tanaman bawang terkena sinar matahari yang cukup. Untuk penyiraman pada 3 hari pertama setelah masa tanam serta menyiramnya dengan air biasa menggunakan media spray. Untuk hari berikutnya dapat melakukan penyiraman dengan cairan nutrisi.

Agus Ary Subakti/BPP Seririt

Sumber
https://www.pertanianku.com/cara-menanam-bawang-dengan-kotak-telur/