(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

JAMUR JAKABA DAN MANFAATNYA DALAM MENDUKUNG PERTANIAN YANG RAMAH LINGKUNGAN DAN BERKELANJUTAN

Admin distan | 08 November 2022 | 7190 kali

Dalam upaya untuk mendukung pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, penggunaan bahan bahan organik dalam budidaya pertanian menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan. Salah satu bahan organik yang bermanfaat bagi tanaman adalah jamur keberuntungan abadi atau disingkat jamur Jakaba. Jamur Jakaba merupakan sumber organik yang dijadikan pupuk untuk menyuburkan tanaman. Jamur jakaba umumnya digunakan dalam bentuk pupuk cair yang diaplikasikan ke bagian tanaman. Jamur ini memiliki bentuk seperti koral karang yang bertekstur renyah. Jamur ini memiliki warna cokelat pada bagian atasnya dan berwarna kehijauan serta bertekstur kenyal, tetapi mudah patah pada bagian bawahnya.


Jakaba ini diperoleh dari hasil peraman air bekas cucian beras atau umum disebut dengan air leri , yang kemudian ditambahkan jamur jakaba secukupnya dan ditutup dengan kain kasa sampai jamur berkembang semakin banyak. Jamur Jakaba dapat diaplikasikan dengan cara ditabur, spray ataupun kocor. Caranya adalah : ambil jakaba secukupnya kemudian hancurkan agar halus tambahkan air leri sebanyak 1 liter kemudian tambahkan air sebanyak 20 liter. Beberapa manfaat jamur jakaba adalah sebagai berikut: mempercepat pertumbuhan tanaman, memperpanjang umur tanaman serta mengatasi fusarium. 


Dengan diperkenalkannya jamur jakaba sebagai salah satu pupuk hayati diharapkan petani mampu membuat dan mengaplikasikannya pada saat berbudidaya tanaman sebagai upaya mendukung pertanian ramah lingkungan dan berkelanjutan.