(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PENGARUH PENGGUNAAN AIR BAGI KEHIDUPAN TANAMAN

Admin distan | 29 November 2022 | 1251 kali

PENULIS : DEWA NYOMAN WIADA (BPP BUSUNGBIU)


Semua makhluk hidup butuh air dalam proses kehidupannya, baik manusia, hewan maupun tumbuhan. Namun dalam hal ini penulis mencoba membahas kasus masalah air dan kehidupan bagi tanaman. Air sangat diperlukan bagi tanaman karena tanpa air tanaman akan bias stagnas. Bahkan bias mati. Namun, kalau kita lihat, kenyataan masih banyak petani belum memahami apa sebenarnya manfaat air adalah

a. Pelarut unsur hara dan mineral , karena tumbuhan mampu menyerap makanan, apabila sudah dalam bentuk cair atau tanaman basah.

b. Menyetabilkan suhu dalam, tanaman dan udara sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik.

c. Untuk mempertahankan organism dalan tanah yang merupakan atau bersimbiosa dengan tanaman.

d. Merangsang tanaman bias tumbuh dan berproduksi dengan baik.

e. Dengan air yang cukup mampu menekan beberapa gulma dan OPT seperti di lahan sawah.


Namun, dengan pemberian air yang berlebih tentu akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman yang berakibat akar busuk dan pada beberapa jenis tanaman dengan pemberian air yang berlebihan menyebabkan anakan sedikit lambat pertumbuhannua sehingga produksi menjadi rendah. Secara umum semua tanaman tidak boleh berlebihan, yang dibutuhkan yang cukupcukup saja karena dengan pemberian air yang berlebih pori-pori tanah tempat bernapasnya akar menjadi terganggu. Yang menjadi ukuran cukup tidaknya air bagi tanaman. Tenti pelaku utama bila tanamannya kurang atau kelebihan air. Dengan pemberian air yang cukup tanaman akan dapat tumbuh maksimal dan berproduksi maksimal.

Untuk tanaman dimusim hujan dengan dibuat gulungan atau dengan dengan menjaga tanah agar tidak jenuh dengan air. Ada beberapa tips agar tanaman tidak jenuh dengan air, yaitu tidak selalu merendam tanaman sewaktu-waktu perlu dioutus agar tanah tadi sehat. Saat basah dapat keluar dari tanah dan dapat mudah masuk dan keluar. Pengairan sistem intermitens basah kering ini sangat baik terutama seperti tanaman padi. Demikian sedikit ulasab semoga bermanfaat.