(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

APAKAH JAGUNG PULUT UNGU YANG SUDAH TUA, BISA DITANAM LAGI?

Admin distan | 22 November 2022 | 594 kali

by. Shinta Istihsan, SP PPL Wilbin Kelurahan Banyuasri, Kecamatan Buleleng.


Kegiatan Gerakan Ketahanan Pangan di Subak Kaliuntu, Kelurahan Banyuasri, dengan menanam varietas  Jagung Pulut Hibrida dan Jagung Pulut Ungu serta Jagung Hibrida Betras 7, seluas 0.3 Ha. Jagung Pulut Kumala F1 merupakan bibit jagung pulut hibrida yang sangat cocok di tanam di daerah dataran rendah. Tanaman yang dihasilkan seragam dengan tinggi batang sedang, biji jagung berwarna putih dan terasa manis, memiliki tekstur pulen seperti pulut. Jagung Hibrida adalah produk persilangan antara dua tetua jagung yang berbeda secara genetik. Apabila tetua-tetua diseleksi secara tepat maka hibrida turunannya akan memiliki vigor dan daya hasil yang lebih tinggi daripada kedua tetua tersebut. Made Suartana, petani Subak Kaliuntu, menanyakan apakah jagung pulut ungu yang sudah tua, bisa ditanam lagi?

 Jawabannya adalah bisa ditanam, tetapi hasilnya tidak sesuai dengan benih hibrida F1, 

Benih hibrida tidak bisa ditanam lagi, karena tanaman hibrida bersifat heterozigot. Benih generasi berikutnya jika ditanam akan bersegregasi, sehingga penampilanya tidak seragam. Hasil panen varietas hibrida tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai benih pada pertanaman berikutnya, dan hasil produksinya pun akan turun, dari hasil panen sebelumnya. Jika dibandingkan Keunggulan jagung hibrida dengan jagung komposit adalah :

Keunggulan dari jagung hibrida adalah kapasitas produksinya yang tinggi, bisa mencapai sekitar 8-12 ton per hektar. Namun, varietas ini juga memiliki kekurangan, yaitu harganya yang mahal, bisa mencapai 20 kali sampai 40 kali lipat dari harga jagung konsumsi.

Benih jagung komposit adalah jagung yang benihnya campuran dari beberapa varietas, sehingga individunya Heterozygot dan Heterogen. 

Benih Jagung hibrida  adalah jagung yang benihnya merupakan keturunan pertama dari persilangan dua galur atau lebih yang sifat-sifat individunya Heterozygot dan Homogen. 

Benih jagung inbrida, adalah varietas yang dikembangkan dari satu tanaman melalui penyerbukan sendiri sehingga memliki tingkat kemurnian atau homozigositas yang tinggi.


sumber : dari beberapa literatur.