(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

JADAM SULFUR

Admin distan | 23 April 2024 | 295 kali

JADAM SULFUR adalah Pestisida Alami yg terbuat dari belerang / sulfur murni dengan tambahan bahan mineral. 

JADAM SULFUR berbahan aktif sulfur / belerang jenis fungisida yang bekerja secara kontak untuk mengendalikan penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur (fungi).

Serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) sangat meresahkan dan merugikan petani. Penggunaan pestisida kimia untuk mengendalikan OPT memberikan dampak negatif bagi lingkungan dan kesuburan tanah serta semakin mahalnya harga pestisida dapat menambah biaya produksi tanaman.

Penggunaan belerang atau sulfur pada dunia pertanian sudah dikenal sejak lama. Sulfur memiliki kemampuan untuk membunuh penyakit, bakteri, virus, dan jamur patogen yang menyerang pada tanaman. Sulfur bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan dan perkembangan jamur patogen, sehingga membantu melindungi tanaman dari serangan penyakit.

Jadam merupakan metode pertanian yang dikembangkan oleh Youngsang Cho dari Korea. Jadam sulfur memiliki banyak sekali manfaat dalam industri pertanian diantaranya:

1. Dapat mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman, meggantikan fungsi dari insektisida, fungisida, dan herbisida

2. Tidak menimbulkan resistensi

3. Dapat memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan tanaman untuk memaksimalkan warna buah dan rasa manis. 


Dosis yang digunakan pada jadam sulfur yaitu 2 ml untuk 1 liter air, pengaplikasikan dilakukan dengan cara di spray/ disemprot. Aplikasikan pada bagian tanaman yang terserang hama dan penyakit saat pagi atau sore hari. 


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.