(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Manfaat Buah Anggur Hitam Untuk Kesehatan

Admin distan | 29 November 2022 | 9008 kali

Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari berolahraga yang teratur, istirahat yang cukup hingga mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan sehat, seperti buah buahan. Buah yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan gizi yang tinggi salah satunya yaitu buah anggur.


Anggur (Vitis vinifera) merupakan tanaman buah merambat yang cukup digemari dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia, karena rasanya khas dan aroma yang menawan. Ada beberapa macam buah anggur yang dapat dikonsumsi, salah satunya adalah buah anggur hitam. Selain rasanya manis, buah anggur hitam juga punya segudang nutrisi yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan. Karena kandungan nutrisinya yang beragam tersebut tidak mengherankan buah anggur sangat digemari oleh masyarakat.


Kandungan nutrisi dalam buah anggur hitam meliputi kalori, karbohidrat, gula, kalium, Vitamin C. Vitamin K, Magnesium, Tembaga. Anggur hitam dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga anggur hitam bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membuat kulit terlihat lebih halus dan cantik, karena kandungan antioksidan dalam buah anggur hitam berkhasiat untuk mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat paparan radikal bebas. Selain itu anggur hitam juga dapat membantu membersihkan hati, memperbaiki fungsi ginjal, membantu pembentukan darah, membantu mencegah infeksi penyakit virus dan bakteri, mencegah kerusakan gigi, menjaga kesehatan mata, menambah daya ingat, menurunkan kolesterol dan menenangkan sistem syaraf serta banyak manfaat lainya yang terdapat pada buah anggur hitam.


Buah anggur hitam memang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam upaya menjaga kesehatan, namun usahakan agar tetap membatasi konsumsi harian buah anggur hitam untuk menghindari efek samping yang mungkin dapat terjadi dalam kondisi-kondisi tertentu, biasakan mencuci buah sebersih mungkin sebelum dikonsumsi. Demikianlah beberapa manfaat buah anggur hitam untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.