(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

BPMPD Kabupaten Buleleng Melakukan Evaluasi dan Monitoring Lumbung Pangan

Admin distan | 05 September 2013 | 826 kali

Salah satu tugas penting dari Institusi  BPMPD Kabupaten Buleleng adalah melakukan pembinaan terhadap Gapoktan yang menerima bantuan melalui kegiatan Lumbung
Pangan, dengan harapan tidak terjadinya kerawanan  pangan di masyarakat, hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang  Ketahanan Pangan BPMPD  ketika kunjungan ke Gapoktan Pala Sari Mukti Desa Kaliasem.


Tahun 2012, Gapoktan Pala Sari Mukti mendapat bantuan berupa bangunan mesin Penyosohan beras, bersama lantai jemur, serta mendapat bantuan dana penguatan modal untuk pengadaan bahan pangan, Dana tersebut telah diberdayakan melalui pembelian gabah ditingkat kelompok tani yang ada disekitar wilayah Lumbung Pangan. 

Gabah/beras disimpan digudang yang telah dipersiapkan dan dapat dijual kepada masyarakat dengan harga yang wajar, sehingga tidak ada gabah yang rusak karena disimpan lama, demikian disampaikan oleh Kepala Seksi Ketahanan Pangan  Ibu Desak  Dadi pada saat bimbingan pada kelompok tani penerima program. Selanjutnya disampaikan agar Lumbung pangan senantiasa ada ketersediaan pangan, tidak dalam katagori beras/gabah saja. Lumbung pangan juga dimanfaatkan untuk menyimpan bahan pangan lain, seperti umbi-umbian yang dapat dipakai sebagai cadangan pangan ketika terjadi kerawanan pangan.


Gapoktan Pala Sari Mukti telah melakukan operasional kegiatan lumbung pangan, dan dilaporkan setiap bulan kekantor BPMPD Kabupaten Buleleng, namun kendala yang dihadapi adalah, kecilnya ukuran lantai jemur yang ada, dengan kapasitas 5 kw, dengan demikian apabila dapat membeli gabah dalam
jumlah banyak,  susuahnya untuk melakukan penjemuran, demikian diungkapkan oleh pengelola kegiatan lumbung pangan Ketut Wijana, ketika melaporkan keberadaan Kelompok pengelola lumbung pangan.


Penyuluh Pertanian yang ikut mendampingi kegiatan monitoring juga berharap, agar selalu diberikan pemahaman bahwa pentingnya ketersedian pangan , mengingat adanya iklim yang tidak menentu, serta berkurangnya areal penanaman bahan pangan akibat digusur oleh perumahan serta komoditas lain diluar tanaman pangan.

Liputan Gerbang Daerah oleh I NYOMAN SUDRANA,SP (Petugas Cyber Extension Distanak Buleleng)