(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

BUDIDAYA BUNGA MATAHARI

Admin distan | 17 Desember 2019 | 21537 kali

Siapa yang tidak mengenal bunga matahari. Pasti semua orang mengetahui bagaimana keindahan yang dimiliki jenis bunga satu ini. Selain keindahan, ternyata bunga matahari juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh yang terutama terkandung dalam biji bunganya. Bunga matahari tergolong tanaman annual yang menghasilkan bunga berukuran besar dan pada umumnya berwarna kuning. Selain karena tampilannya, bunga matahari juga sangat mudah dan cepat tumbuh. Yang unik dari tanaman ini adalah mahkota bunganya mekar mengikuti pergerakan matahari dari timur ke barat, proses ini dikenal sebagai heliotropisme. Ditemukan lebih dari 60 varietas bunga matahari di seluruh dunia dengan berbagai warna dan tampilan yang menarik. Oleh karena itu kali ini akan dibahas bagaimana cara dan tips untuk membudayakan bunga matahari untuk hasil yang lebih optimal.
1. Menentukan Lahan

Tanaman bunga matahari ini dapat tumbuh baik di dataran tinggi maupun dataran rendah dimana ketinggian yang idealnya mencapai 0-1500 mdpl. Dan yang paling cocok untuk menanam bunga matahari yakni di daerah pegunungan karena mampunyai kelembaban udara mencapai 80-90%. Cara pertama untuk budidaya bunga matahari ini ialah mempersiapkan lahan untuk menjadi media tanam dengan pertumbuhan bunga matahari. Dengan menggemburkan tanah dan ditambah dengan pupuk kandang serta didiamkan selama sekitar 7 hari supaya tercampur dengan sempurna didalam tanah. kemudian buat lubang ditanah dengan jarak antar tanaman sekitar 100cm. bersihkan juga rumput liar ataupun tanaman lain yang dapat mengganggu tanaman matahari agar mendapatkan hasil yang maksimal.
2. Bibit Bunga Matahari

Bibit dari bunga matahari sendiri ialah yang didapatkan dari pengusaha yang membudidayakan tanamana hias, yang ada disekitar. Dengan menanam bibit dari bunga matahari ini sangat dipengaruhi oleh kualitas bibit bunga matahari yang akan ditanaman. Atau jika hendak menyemai biji bunga matahari dengan cara sendiri, dapat memilih biji bunga matahari yang telah tua, serta kelopak bunganya telah kecoklatan. Sebelum ditanam, lakukan penjemuran sampai biji menjadi benar - benar kering. Setelah itu, tebarkan dilahan persemaian yang telah disediakan, dan disiram setiap hari hingga muncul tunas, ini dilakukan sekitar 10-14 hari dan tunas telah mencapai tinggi 20cm dan siap untuk dipindahkan kelahan tanam yang sesungguhnya yang telah disediakan.
3. Cara menanam Bunga Matahari

Setelah bibit dari penyemaian mencapai 15-20cm, selanjutnya ialah memindahkan bibit dari tempat persemaian ke lahan tanam yang sesungguhnya. cara menanamnya dengan cara memasukkan bibit kedalam lubang tanam, lalu di tutup kembali dengan menggunakan tanah serta usahakan agar tanaman dapat berdiri tegak supaya tidak mudah roboh jika terkena angin ataupun hujan yang lebat. Setelah itu ialah perawatan tanaman dengan cara penyiraman secara teratur. Dan lakukan pemupukan susulan agar menjaga ketersediaan nutrisi untuk tanaman bunga matahari.

Umur pertama bunga matahari akan menghasilkan bunga sekitar 45-60 hari sejak ditanam dan 90-105 hari sejak disemai.

Oleh :

BPP Sukasada : Padmaswari