(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Sterelisasi Hewan (anjing & kucing) di Kantor Desa Busungbiu

Admin distan | 09 Juli 2019 | 195 kali

 

9 Juli 2019, Sedang berlangsung kegiatan Sterelisasi Hewan (anjing & kucing) bertempat di Kantor Desa Busungbiu yang dilaksanakan oleh Team "Yayasan Seva Bhuana Denpasar" bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng dan Poskeswan Busungbiu. Kegiatan hari ini merupakan kegiatan ke-2 setelah sebelumnya kemarin dilaksanakan kegiatan pertama. Untuk kegiatan pertama diperoleh 25 ekor (anjing & kucing) yg telah melakukan sterelisasi.
Pelaksanaan sterelisasi dilakukan dengan sistem antar jemput hewan peliharaan warga, namun beberapa warga juga sangat antusias untuk membawa langsung hewan peliharaan mereka ke tempat kegiatan. Nampaknya antusias warga pada kegiatan di hari ke-2 semakin meningkat, mengingat kedatangan warga tidak hanya dari Desa Busungbiu melainkan dari Desa lain. Hal ini menunjukkan bahwa informasi yg disampaikan warga serta pihak desa sudah sangat baik.


Menurut drh. Gusti Lanang "sterelisasi bertujuan untuk mencegah hewan berkembang biak (sehingga mengurangi over populasi hewan peliharaan), dengan demikian kemungkinan perkembangan kasus rabies semakin sedikit".  Sterilisasi juga memberikan banyak manfaat kesehatan untuk hewan peliharaan dan juga mengurangi masalah perilaku tertentu yang tidak diinginkan. Beberapa efek samping setelah dilakukannya sterelisasi pada anjing antara lain :- Sakit- Nyeri- Panas- Dehidrasi- Lebih tenang- Nafsu makan normal- Mudah tidur. (Wahyu_BPP Busungbiu)