(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

SL Tanaman Pisang Kelompok Horti Pura Penghulu di Desa Bongancina Tahap ke - 4

Admin distan | 29 November 2018 | 396 kali

28 NOVEMBER 2018 SL Tanaman Pisang Kelompok Horti Pura Penghulu di Desa Bongancina Tahap ke - 4.
- Pelatihan pembuatan Pestisida nabati , dari bahan alami seperti
1. Untuk serangan HAMA, Digunakan bahan-bahan alami ( Pestisida Nabati ) seperti komposisi dibawah ini :
8 kg daun nimba/intaran, 6 kg daun lengkuas/isen (bahasa lokal), 6 kg sereh, 20 gram diterjen, komposisi diatas dicampur dengan 60 liter air. Setelah ditumbuk halus dan direndam selama 24 jam lalu disaring.
2. FUNGISIDA, menggunakan extrak bawang putih secukupnya, lengkuas 5% , sirih/base 5 % ditumbuk halus lalu saring dan campurkan dengan 50 liter air. Untuk kebutuhan hektaran jumlah luas tinggal dikalikan persentasenya.

Dalam SL Pisang yang dilaksanakan pada hari ini juga dikenalkan Aneka Resep tumbuhan Pesnab seperti 5 kelompok BIO PESNAB ;
1. Tumbuhan insektisida (daun bangkuang,sirsak/srikaya,sereh,nimba/intaran,lengkuas,brotowali/kantawali dan gumitir/gemitir)
2.Tumbuhan Antraktan pemikat,perangsang sekteromon (daun wangi/pandan wangi/serasih)
3. Tumbuhan Rodentisida sebagai penekan kelahiran serangga /kb ( umbi gadung/sekapa)
4. Pembasmi serangga melata seperti bekicot bisa dengan tumbuhan seperti ( daun sembung)
5. Tumbuhan pestisida serbaguna ( daun jambu mete, tembakau cengkeh, nimba). Demikian urain mengenai pengendalian bio pesnab yang berperan sebagai pengendali alamai.

Sl tahap ke 4 pada tgl 28 November 2018 ini juga dipraktekan mengenai cara membuat rolakan sekaligus lobang tanam tanaman pisang dan penaburan pupuk PUTRI ( pupuk tricoderma) agar petani fasih dan betul-betul paham mengenai pentingnya persiapan awal , agar bisa mendapat produksi yang maksimal dikemudian hari.

Harisca/Busungbiu