(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Rapat Pos Simpul Koordinasi (POSKO) IV Tk Kecamatan Banjar dan POSKO V Tingkat Desa

Admin distan | 05 Agustus 2013 | 1018 kali

Untuk meningkatkan koordinasi  dan sinergitas program dan kegiatan  antara dinas Teknis yang membidangi tanaman pangan, penelitian dan pendampingan, dan meningkatkan kerjasama  ditingkat Kecamatan antara kepala UPTD, POPT, Penyuluh Pertanian telah dilakukan rapat koordinasi yang bertempat di Aula Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Banjar hari Senin, 29 Juli 2013.


Rapat dipinpin oleh Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan yang diwakili oleh Kepala Seksi  Padi Palawija Dinas Pertanian  dan Peternakan Kabupaten Buleleng,  dalam arahannya disampaikan tujuan dari rapat koordinasi, pencapaian  target P2BN  di Kecamatan Banjar, untuk mendukung surplus beras Nasional 10,3 juta ton secara nasional.
Peserta rapat koordinasi terdiri dari Kepolisian sektor Kecamatan Banjar, Mantri statistik kecamatan, Kepala Desa, Ketua  kelompok pelaksana  SLPTT Kecamatan Banjar.
Koordinator BPP Dinas Pertanian dan Peternakan Kecamatan Banjar melaporkan kegiatan yang telah dilakukan dan realisasi tanam 2013 adalah  realisasi tanam sebanyak  679 Ha dari target 900 Ha untuk kecamatan Banjar tahun 2013. Masalah yang dihadapi di Kecamatan Banjar diantaranya adanya serangan hama wereng batang coklat, yang menimpa  di tiga kelompok tani yaitu, Subak Kaliculuk, subak Pegayaman dan subak Temukus.


Sebagai antisipasi meluasnya serangan telah dibantu diaplikasikan pestisida dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng. Pelaksanaan kegiatan SRI di Subak Banyuatis dan Kegiatan Optimasi di kecamatan Banjar  telah berjalan sesuai  petunjuk teknis, perlu pendampingan yang lebih intensif untuk  mencapai harapan.
Sedangkan SLPTT yang dilaksanakan ditingkat kelompok tani tahun 2013, pendanaannya menurun dibanding tahun 2012, beberapa usul ketua kelompok agar tahun depan dapat ditingkatkan lagi.


Liputan Gerbang Daerah oleh I NYOMAN SUDRANA,SP (Petugas Cyber Extension Distanak Buleleng)