(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Penutupan SL-GAP Pisang Kecamatan Banjar Buleleng

Admin distan | 31 Juli 2013 | 839 kali

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng, hari Rabu 31 Juli 2013 menutup kegiatan Sekolah Lapang Good Agricultura Practice (SL-GAP) Pisang di Kelompok Tani Pisang Tunas Pahala Harapan Desa Kaliasem Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.  Kadis Pertanian dan Peternakan  Ir. Nyoman Swatantra MMA, dalam arahannya mengharapkan agar selesai melakukan kegiatan SL-GAP peserta dapat mengaplikasikan pembelajarannya dalam mengelola kebun pisangnya masing-masing serta menularkannya keanggota kelompok dan masyarakat petani pisang dilingkungan yang belum mengikuti SL-GAP.


Peserta SL-GAP sebanyak 25 orang, terdiri dari wanita 17 orang dan 8 orang pria, yang semuanya tergabung dalam kelompok tani pisang Tunas Pahala Harapan. Peserta melakukan kegiatan SL dipandu oleh PPL Wilbin Kaliasem dan POPT kecamatan Banjar selama 3 Bulan mulai Bulan April 2013. Peserta melakukan praktek di kebun pisang, dan areal penanaman pisang seluas 20 are dekat dengan balai kelompok.


Dalam  pelaksanaan SL-GAP pisang telah dilakukan pembuatan bibit pisang bebas Penyakit dengan aplikasi Trichoderma, pembuatan desinfektan dari daun sirih pembuatan trichoderma cair, aplikasi kompos dan pengendalian hama dengan pembuatan pestisida nabati.
Dalam acara penutupan, dilakukan hasil proses pembelajaran selama melakukan Sl oleh ketua kelompok Tani Tunas Pahala Harapan, dan tanya jawab yang dipandu langsung oleh Koordinator PPL BPP


Liputan Gerbang Daerah oleh I NYOMAN SUDRANA,SP (Petugas Cyber Extension Distanak Buleleng)