(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Penilaian Dalam Rangka Pemberian Penghargaan Ketahanan Pangan Nusantara Provinsi Bali

Admin distan | 26 Juli 2013 | 869 kali

Sebagai Duta Kabupaten Buleleng dalam lomba pemberian penghargaan ketahanan pangan Nusantara untuk memperebutkan tiket wakil Bali menuju istana negara tahun 2013 adalah Kelompok Wanita Tani Sari Tunjung Mekar Desa Cempaga, yang sebelumnya telah dilakukan perifikasi oleh tim Kabupaten Buleleng . Penilaian dilakukan di arena Desa Cempaga,Kecamatan Banjar.


Sebagai wujud kepedulian masyarakat dalam acara penyambutan tim penilai, anggota KWT, para anggota Gapoktan, tokoh masyarakat, pejabat tingkat Desa, Perbekel, dan wakil-wakil kelompok tani hadir dalam kegiatan dimaksud. Selanjutnya dari kalangan pemerintah Kabupaten Buleleng, hadir Ketua BPMPD beserta jajarannya, Camat beserta staf kecamatan, dan Penyuluh Pertanian diwilayah BPP Banjar.


Tim BPMD dalam sambutannya, dipimpin ketua BPMD, mengatakan bahwa Tim dibawah jajaran Pemda Buleleng selalu berkomitmen dalam upaya ketahanan pangan, mengoptimalisasi pemanfaatan pekarangan sebagai konsumsi keluarga. Selanjutnya diucapkan selamat mengikuti penilaian dan penilaian ini sebagai cambuk dalam pengembangan diri  sehingga dapat memacu peningkatan pangan lokal, umbi-umbian, buah-buahan lokal dan mampu menjadi olahan pangan Non beras.

Dalam laporannya ketua KWT Sari Tunjung Mekar Putu Ayu Resmini menyampaikan, KWT telah mampu  membuat olahan  dari ubi kayu seperti Tape ubi, dodol dari ubi kayu, Rempeyek, Gipang khas cempaga, uli manis, dll. Untuk pemasaran telah dilakukan jalinan kerjasma antar pedagang di Kecamatan Banjar.
Penilaian  dibagi dalam enam kelompok, yaitu aspek teknis, Ekonomi, Sosial, Permodalan, Administrasi sreta Prestasi dan dokumentasi, penilaian dipimpin Kepala Bidang Pangan BPMPD  Provinsi Bali.


KWT Sari Tunjung Mekar telah berprestasi ditingkat Kabupaten Buleleng sebagai KWT terbaik tahun 2012, prestasi ini berkat kerjasama yang baik antara kelompok, pihak pimpinan Desa, Petugas Pembina, maupun Penyuluh Pertanian Desa Cempaga.
 

Liputan Gerbang Daerah oleh I NYOMAN SUDRANA,SP (Petugas Cyber Extension Distanak Buleleng)