(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PENANAMAN PERDANA BAWANG MERAH DI KELOMPOK TANI PUTRA HARAPAN KITA DESA SANGGLANGITPENANAMAN PERDANA BAWANG MERAH DI KELOMPOK TANI PUTRA HARAPAN KITA DESA SANGGLANGIT

Admin distan | 02 Juli 2019 | 78 kali

Kegiatan penanaman perdana komoditi bawang merah dilakukan pada Selasa, 2 Juli 2019 di Kelompok Tani Putra Harapan Kita, Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini dilaksanakan oleh anggota Kelompok Tani VI dan didampingi oleh PPL Wilbin Sanggalangit.  Rencananya total luas tambah tanam komoditi bawang merah ini sampai dengan realisasi 100 % seluas 10 Ha. Kegiatan budidaya bawang merah ini mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng berupa benih, pupuk organik, likat kuning dan feromone.


Jarak tanam yang digunakan adalah 15 cm x 20 cm. Tehnik penanaman bawang merah yang benar adalah sebagai berikut 1. Sebelumnya tanah dibasahi dahulu lalu dibuat lubang yang sudah diatur jarak tanamnya. 2. Bibit ditanam dalam keadaan berdiri dengan jumlah bibit sebanyak 1 bibit per lubang.3. Penanaman sebaiknya tidak terlalu dalam, cukup ditutup tipis dengn tanah. 
Sebelum dilakukan penanaman bawang merah, para petani telah melakukan pengolahan lahan dan persiapan benih. Pengolahan dan persiapan benih yang baik merupakan salah satu penentu keberhasilan teknik budidaya bawang merah.  ( Subakti_BPP Gerokgak ).