(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pembinaan KKG – PKK - KB – Kesehatan Kabupaten Buleleng Tahap II

Admin distan | 21 September 2016 | 562 kali

Oleh : Bid. Penyuluhan & Agribisnis - Distanak Kab. Buleleng        

 

         Pada bulan September 2016 telah diselenggarakan pembinaan KKG–PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Buleleng Tahap II. Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG) dimaksud adalah merupakan kelanjutan dari kegiatan tahap I yang telah selesai diselenggarakan beberapa bulan yang lalu. Pembinaan pada tahap II bertujuan untuk memantau perkembangan kondisi kesehatan bantuan tanaman tahap I yang diberikan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kab. Buleleng. Saat ini tanaman tersebut antara lain: sayuran, buah, umbi2an,Toga dirawat di lokasi Rumah Sehat (Pos yandu) dan Rumah contoh di 9 (sembilan) kecamatan/desa untuk dapat dicontoh oleh masyarakat peserta lomba (dasa wisma). Rumah contoh adalah rumah yang pekarangannya disusun menurut aturan tata kelola Halaman yang Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman selain juga menjadi penghasil sumber gizi dan pendapatan keluarga (HATNYA PKK). Adapun desa/kota yang dipercaya mewakili masing-masing kecamatan untuk ikut lomba adalah: 1.Desa Sembiran mewakili Kec.Tejakula;2.Desa Tambakan mewakili Kec. Kubutambahan; 3 Desa Suwug mewakili Kec. Sawan; 4. Desa Pengelatan mewakili Kec. Buleleng; 5 Desa Gitgit mewakili Kec. Sukasada; 6. Desa Temukus mewakili Kec. Banjar; 7. Desa Rangdu mewakili Kec. Seririt; 8; Desa Tinggarsari mewakili Kec. Busungbiu; 9. Desa Tukad sumaga mewakili Kec. Gerokgak. Saat ini pembinaan tahap II telah rampung  dikerjakan sejak 13 s/d 19 September 2016 sedangkan masa penilaian (lomba) adalah 17 -  1 November 2016.

     Hasil pemantauan dapat disampaikan sebagai berikut: aspek yang harus diperhatikan dalam pemanfaatan pekarangan untuk HATINYA PKK  yaitu: 1.Aspek Administrasi meliputi kelengkapan: buku tamu; buku kegiatan; Data produksi tanaman, ternak dan kolam; buku profil Hatinya PKK,;SK Kader Hatinya PKK; 2. Aspek Teknis meliputi: teknis penamanan, pemeliharaan, panen, pengolahan hasil pekarangan, pemasaran ; 3. Aspek Pembinaan meliputi: Penyuluhan tentang tata cara.

       Bintek /Demo Pengolahan hasil  panen seperti: pengolahan toga menjadi olahan jamu; pengolahan sumber karbohidrat non beras menjadi kue dan keripik; Penataan  tata letak tanaman, ternak dan kolam di pekarangan secara asri dan teratur; 4. Monitoring dan Evaluasi, monitoring adalah  kegiatan pengamatan untuk mengetahi kondisi tanaman dan ternak setiap saat sedangkan evaluasi akhir atau penilaian lomba bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap  prestasi  yang  dicapai  berdasarkan indikator penilaian yang telah ditetapkan.

       Hasil  pengamatan  pada  saat pembinaan tahap II  menunjukkan  bahwa  kondisi tanaman  di rumah contoh  beberapa  ada yang mati dan sebagian kurang subur kekurangan  air karena musim kemarau dan kurang perawatan. Namun meskipun demikian secara umum desa yang telah dicanangkan menjadi peserta lomba  menyatakan siap  untuk dinilai. 

Download disini