(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pemasangan Lampu Perangkap untuk Pengendalian Hama Tanaman Padi

Admin distan | 28 Juli 2020 | 746 kali

Selasa, 28 Juli 2020, POPT Kecamatan Seririt melakukan pemasangan lampu perangkap di lahan percontohan BPP Seririt. Total lampu perangkap yang dipasang sebanyak 5 buah, dimana setiap petakan lahan sawah dipasang 1 lampu perangkap. Lampu perangkap yang dibuat secara sederhana ini terdiri dari beberapa komponen, seperti tiang penyangga, lampu, nampan, serta sensor cahaya. Pengaplikasian lampu perangkap ini yaitu dengan diletakkan di tengah petakan sawah, dimana lampu akan mulai menyala dari jam 6 sore - 6 pagi, selanjutnya hasil tangkapan diambil setiap pagi dan dilakukan pengamatan terhadap jenis serta jumlah hama yang tertangkap.


Dalam upaya pengendalian hama pada tanaman padi, lampu perangkap merupakan alat yang efektif digunakan untuk mengetahui populasi hama imigran, seperti wereng coklat dan ngengat penggerek batang padi, guna mereduksi populasi hama dengan menangkap hama dalam jumlah besar. 


Hama yang tertangkap pada lampu perangkap dapat dijadikan sebagai hasil monitoring dini terhadap jenis dan jumlah hama imigran yang menyerang tanaman padi untuk selanjutnya dapat menentukan nilai ambang ekonomi serta sebagai acuan untuk melakukan upaya pengendalian.


#BPP Seririt