(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

OLAHAN SORGUM SEBAGAI BAHAN PANGAN DAN JUGA KERAJINAN.

Admin distan | 25 September 2020 | 8063 kali

Sorgum (Sorghum spp.) adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara.Sorgum juga mengandung serat tidak larut air atau serat kasar dan serat pangan, masing-masing sebesar 6,5% - 7,9% dan 1,1% - 1,23%. Kandungan protein pun seimbang dengan jagung sebesar 10,11% sedangkan jagung 11,02%.Begitu pula dengan kandungan patinya sebesar 80,42% sedangkan kandungan pada jagung 79,95%.
Sorgum merupakan produk non beras di Indonesia yang baru sebagian kecil masyarakat kita mengonsumsinya dan hingga saat ini belum termanfaatkan secara maksimal. Komposisi zat gizi sorgum, mirip dengan komposisi beras/padi, mendekati gandum. Alternatif produk pangan yang dapat dikembangkan dari sorgum menjadi olahan pangan setengah jadi, yaitu biji/beras sorgum, tepung sorgum, maupun krupuk dan rengginang sorgum. Dalam mengolah tanaman sorgum menjadi biji/beras sorgum dan tepung sorgum melalui tahapan seperti halnya dalam mengolah beras/gandum.


Kelebihan tepung sorgum adalah tekstur tepung lebih halus dibanding tepung jagung, namun mendekati terigu dan tepung beras. Beberapa produk berbasis tepung sorgum memiliki nilai lebih, misalnya pada pembuatan kue brownis lebih enak dibanding dari terigu. Warna tepung sorgum tidak seputih tepung jagung, sehingga pemanfaatannya akan sangat baik jika digunakan dengan penambahan produk coklat. Maksudnya, saat membuat kue brownis, kue kering atau kue basah dengan tepung sorgum hendaknya diberi coklat sebagai bahan tambahannya agar rasa lebih enak. Selain dapat diolah menjadi bahan pangan sorgum juga dapat diolah menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai seni yang cukup baik, beberapa kerajinan dari sorgum diantaranya hiasan rumah serta sapu sorgum.
Saat ini BPP Sukasada sedang mencoba membuat beberapa olahan dari sorgum sebagai bahan pangan setengah jadi yaitu tepung sorgum dan produk olahan diantara diolah menjadi kue dan juga satuh. Selain bahan pangan juga dicoba untuk membuat kerajinan tangan menggunakan limbah dari sorgum yaitu kerajian yang dapat digunakan untuk mempercantik ruang tamu atau ruangan kantor.

#BPP Sukasada