(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Musim Menanam Dimusim Penghujan

Admin distan | 22 Desember 2020 | 24448 kali

Musim penghujan yang terjadi di wilayah kecamatan Sawan khususnya di Desa Galungan  telah membuat para petani merasa lega karena melalui musim panas lalu. Mereka mulai mengolah lahan serta tanam padi secara serentak di lahan yang mereka miliki. Rata-rata di desa Galungan sendiri saat sekarang petani ada yang sudah menanam padi.

Musim hujan membuat ketersediaan air cukup tinggi sehingga menjadi waktu yang tepat untuk proses penanaman tanaman padi. Selain itu, para petani juga diharap menanam padi pada saat ketersediaan sinar matahari memadai. Sebenarnya ada banyak sekali alasan mengapa petani menanam padi pada musim hujan, salah satunya adalah karena ketika musim penghujan tiba air banyak, sehingga tanah pun jadi lebih mudah ditanami padi daripada saat musim kering.

Bahkan pada saat para petani nekat akan menanam padi di musim kering, maka tanaman padi yang ditanam bisa dipastikan tidak akan tumbuh dengan baik, bahkan akan mati dengan cepat. Alasan lain kenapa hujan yang turun mulai dimanfaatkan petani untuk menanam padi adalah agar pada saat masa panen tiba padi tidak terendam oleh air hujan atau terlambat panen. Pada dasarnya syarat utama penanam padi yang baik adalah ketika musim penghujan tiba.

Pada selasa, 22 Dessember 2020 terlihat sudah mulainya penanaman padi yang dilakukan oleh beberapa subak yang ada di desa Galungan. Hal ini sebagai tradisi dan aturan subak yang mengharuskan penanaman dilakukan, selain itu untuk mengoptimalkan aliran air yang melimpah dimusim hujan seperti saat ini. Menurut petani saat seperti inilah yang tepat untuk melakukan penanaman serentak di semua subak yang ada di desa Galungan.

 

Menurut para petani walau ditengah wabah pandemi Covid-19 saat ini para petani tetap menjalankan aktivitasnya sebagai langkah salah satu upaya untuk menjaga ketahanan pangan, maka dari itu menanam padi tetap dilakukan pada musim tanam seperti sekarang ini.

Langkah ini sebagai salah satu wujud kepedulian petani untuk menjaga ketahanan pangan