(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Display Pertanian dan Peternakan dalam Bulfest 2013

Admin distan | 02 September 2013 | 1695 kali

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng dalam Event Buleleng Festival 2013 ikut serta dalam bidang Pembangunan ekonomi produktif, dalam hal ini ikut serta menampilkan produk-produk pertanian melalui pameran pembangunan pertanian baik itu Padi palawija, Hortikultura, Florikultura dan Peternakan, maupun Kesehatan Hewan, sampai dengan hasil-hasil pengolahan baik dari produk pertanian dan peternakan.
Dalam bidang padi palawija, Distanak menampilkan produk beras merah dari Kec. Banjar, Beras lokal dari Desa Sudaji, Kacang tanah, jagung, bibit-bibit juga alsintan pendukung Budidaya.


Dalam Bidang Hortikultura, Distanak menampilkan produk-produk hasil pertanian seperti buah-buahan unggul Kabupaten Buleleng seperti Mangga Arum manis depeha, Jeruk Keprok Tejakula yang di kembangkan di Gerokgak,  Buah Naga Organik, Jeruk siam organik, Anggur hitam  dan lain-lain. Florikultura di wakili langsung oleh Kelompoktani tanaman hias dan anggrek Sekar sari dari Desa Pancasari, Kec. Sukasada, yang menampilkan aneka rangkaian bunga potong dan anggrek.
Peternakan menampilan berbagai produk olahan, seperti olahan telur dan olahan kripik , dari Kesehatan Hewan, menampilkan kegiatan IB ayam.


Yang unik dipamerkan juga kripik Gayas yang diolah langsung oleh anggota UP3HP Kerta Usaha Tejakula, ide ini tercetus karena saat ini di Kecamatan tejakula hama gayas sangat menggangu petani karena memakan bonggol pisang, keteka, ubi sampai pada akar-akar yang terdapat didalam tanah sehingga semua umbi-umbian yang ditanam tidak dapat menghasilkan, di dalam keputusaan petani tersebut maka gayas tersebut coba diolah oleh kelompoktani menjadi kripik dan dipasarkan langsung. Ternyata di pameran kripik tersebut laku, dan banyak pengunjung yang ingin tahu tentang gayas tersebut. Harapan kami, semoga kripik ini dapat dipasarkan secara luas dan dapat membantu kesulitan kelompoktani di kecmatan tejakula.


Oleh : Drh.Ni Luh Prima Diantari Wati (Kasi Agribisnis)