(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Koordinasi Teknis Terkait Rencana Kegiatan Sekolah Lapang Tahun 2022

Admin distan | 24 Januari 2022 | 162 kali

Senin, 24 Januari 2022

Tahun 2022 bidang penyuluhan substansi metode dan informasi akan menyelenggarakan kegiatan sekolah lapang sebagai metode dalam diseminasi informasi pertanian kepada pelaku utama (petani). Sekolah lapang dipandang  sebagai metode yang tepat dalam proses belajar mengajar bagi orang dewasa (Andragogi) karena sifatnya yang tidak formal, proses pembelajaran dilakukan di lapangan dimana tersedia objek nyata.


Dalam rangka persiapan kegiatan sekolah lapang untuk tahun 2022, penyuluh pertanian substansi metode dan informasi melaksanakan koordinasi teknis dengan PPL wilbin Banyuning untuk mengetahui potensi pertanian dalam hal ini komoditas padi yang ada di Banyuning khususnya dalam hal pemanfaatan teknologi alat dan mesin pertanian (alsintan) pada saat proses budidayanya. Alsintan saat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan pertanian, hal ini dikarenakan melalui teknologi tepat guna, petani dapat lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan proses budidaya. Salah satu manfaat penggunaan alsintan secara tepat guna adalah mampu menurunkan biaya produksi.

Sehingga diharapkan kegiatan sekolah lapang yang rencananya akan diselenggarakan pada musim tanam II tahun 2022 memberikan manfaat bagi petani yang pada akhirnya mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani.