(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

GERAKAN PENGENDALIAN HAMA PENGGEREK BATANG PADI DI SUBAK UME PANJI DESA BAKTISERAGA .

Admin distan | 03 Juli 2021 | 305 kali

Pada hari Jumat, 3/7/2021 telah dilakukan gerakan pengendalian hama penggerek batang padi di Subak Ume Panji, Desa Baktiseraga, Kec. Buleleng oleh POPT Kec.Buleleng bersama kelian subak dan kerame subak,

PPL Wilbin.  Hadir pada kegiatan ini Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Kasi Perbenihan dan Pengendalian Tanaman Pangan.

Seperti diketahui bahwa hama penggerek batang padi merupakan hama utama tanaman padi di Indonesia.  Penggerek batang menyerang tanaman padi sejak di persemaian hingga tanaman pada stadia matang. Semua spesies penggerek batang melalui metamorfosa sempurna sehingga siklus hidupnya terdiri atas stadia telur, larva, pupa, dan dewasa atau imago. Larva merupakan stadia yang menggerek tanaman dan menimbulkan kerusakan. Imago bersifat nocturnal, yaitu aktif di malam hari dan disebut ngengat atau moth.

Pengendalian hama penggerek batang padi mengedepankan konsep Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Dalam hal ini pengendalian difokuskan pada hama sasaran dengan mempertimbangkan kelestarian ekosistem. PHT penggerek batang padi memerlukan bioekologi setiap spesies penggerek dan teknologi pengendalian sebagai komponen PHT. Penggunaan insektisida dalam PHT merupakan alternatif terakhir kalau komponen teknologi lainnya tidak efektif.