(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Memfasilitasi Membangun Kemitraan Pemasaran Buah Manggis dan Durian

Admin distan | 18 Maret 2024 | 12 kali

Singaraja, Maret 2024


Dalam mengembangkan sektor pertanian, kegiatan pemasaran merupakan syarat mutlak untuk dilaksanakan. Beberapa produk hasil pertanian tidak dapat berkembang karena terhambat dalam hal pemasarannya. Hal tersebut dikarenakan kurangnya strategi dan fasilitasi dalam hal pemasaran produk ditingkat petani. Diperlukan bimbingan pemasaran dan fasilitasi dalam membangun kemitraan dengan pelaku usaha yang berhubungan dengan produk pertanian.

Mengatasi masalah pemasaran ditingkat petani, Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng dalam hal ini juga turut memfasilitasi petani dalam menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dalam hal memasarkan produk pertanian unggul daerah Kabupaten Buleleng. Menjalin kemitraan dengan pelaku usaha maupun asosiasi yang berhubungan dengan pertanian, dalam hal ini dilakukan penjajakan kerjasama dengan PH Selebritis Buah yang ada di Kecamatan Busungbiu,  sebagai salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang penting untuk mengenalkan komoditas pertanian unggul daerah yang ada di Kecamatan Bususngbiu dan memberikan informasi penyedia serta potensi pengembangan komoditas unggul tersebut dalam upaya memenuhi kebutuhan pasar.

Fasilitasi kemitraan yang telah dilakukan diharpkan dapat meningkatkan kualitas dan pemasaran komoditas buah Manggis dan Durian dari kabupaten buleleng khususnya di Kecamatan Busungbiu, menumbuhkan gairah berusaha tani, menumbhkan UMKM berbasis produksi hortikultura.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Pengawas Mutu Hasil Pertanian Ahli Muda, POPT Ahli Muda Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Pengawas Mutu Hasil Pertanian Ahli Muda beserta staf Bidang Hortikultura, Perwakilan dari Petani dan Pelaku Usaha Manggis dan Durian.


(Bidang Hortikultura)