(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PETANI KAKAO DI KECAMATAN KUBUTAMBAHAN TAHUN 2024 TERSENYUM MANIS

Admin distan | 05 Juli 2024 | 1348 kali

Musim panen Kakao pada tahun ini harga biji kakao di tingkat petani saat ini (Jumat, 5 Juli 2024) tercatat masih tinggi. Terpantau harga kakao mencapai Rp 90 ribu per kilogram (harga rut). Bahkan untuk kualitas premium harganya bisa menembus angka Rp 120 ribu per kilogram.         

 

Jumat, 5 Juli 2024 telah dilaksanakan kegiatan Survey Kebun kakao di Subak Abian Tampul Sari, Desa Tajun Kecamatan Kubutambahan. Bersama Tim dari Distan kabupaten Buleleng (Bidang Perkebunan) yang dihadiri oleh Bapak Kabid Perkebunan beserta Stap, PPL Wilbin, Kelian Subak Abian Tampul Sari, dan Kelian Dusun Bayad Desa Tajun. Ketua Subak Abian Tampul Sari dan Kelian Dusun Bayad Desa Tajun, ketika ditemui Jumat, 5 Juli 2024 mengatakan di tahun 2024 ini, harga biji Kakao tergolong masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi melanda. Saat itu harganya mencapai Rp 25 ribu per kilogram. Untuk saat ini harga kakao di Bali sudah termasuk tinggi, selain karena tren harga kakao dunia yang juga mengalami kenaikan, masih tingginya harga kakao di Bali juga disebabkan oleh hasil produksi kakao yang menurun di tahun ini.  

 

Untuk yang di Bali, penurunan produksi kakao selain disebabkan oleh faktor iklim, juga kualitas pohon kakao ada yang tidak terawat sehingga hasil buahnya tidak maksimal. Sedangkan untuk penurunan produksi Kakao global, ini lebih pada efek domino dari adanya perang Rusia dan Ukraina,” katanya. “Sehingga menyebabkan pasokan pupuk ke beberapa negara penghasil Kakao dunia, seperti Afrika dan Pantai Gading menurun, bahkan sejak perang pasokan kakao dari kedua kawasan tersebut tidak ada.



(BPP KUBUTAMBAHAN)